JPNN.com

Brigjen TNI Hermanto Pimpin Evakuasi 434 WNI ABK MV Eurodam

Rabu, 17 Juni 2020 – 22:16 WIB
Brigjen TNI Hermanto Pimpin Evakuasi 434 WNI ABK MV Eurodam - JPNN.com
Komandan Lantamal III Jakarta, Brigjen TNI (Mar) Hermanto selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan WNI ABK MV Eurodam di dermaga JICT II Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6). Foto: Dispen Lantamal III Jakarta

jpnn.com, JAKARTA - Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan anak buah kapal (ABK) kapal pesiar MV Eurodam sebanyak 434 orang.

Kedatangan ABK ini disambut oleh Satuan tugas evakuasi untuk dilaksanakan penanganan prosedur kesehatan covid-19 di dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (17/6/2020).

Sebelumnya, kapal pesiar MV. Eurodam berbendera Netherland berangkat dari Singapura menuju pelabuhan Benoa, Bali. Dan, saat ini tiba di Jakarta, berlabuh atau lego jangkar ± 2-3 Nm.

Selanjutnya, evakuasi ABK menuju Dermaga JICT-2 Pelabuhan Tanjung Priok menggunakan 5 unit tenderboat dengan pengawasan, pengamanan oleh Tim raider Kopaska Koarmada I dan Satuan Patroli Lantamal III.

Sebanyak 434 ABK tiba di dermaga disambut oleh Tim satgas kesehatan covid-19, pada pelaksanaan turunnya ABK dari tenderboat langsung diarahkan oleh Wadan Satgas Kolonel Marinir A. Beny Sarana mengenai peraturan penanganan kesehatan Covid-19 sampai diketahui hasilnya.

Kemudian ABK diadakan penyemprotan disinfektan baik terhadap tubuh maupun barang bawaannya, terkhusus untuk barang bawaan diwajibkan melewati X-Ray dari Tim Bea Cukai dan juga pemeriksaan oleh K-9/Anjing Pelacak Pom Lantamal III.

Setelah itu, ABK diarahkan naik ke dalam 22 bus @ 20 orang, diantar ke Hotel Grand Mercure Kemayoran Jakarta. Setibanya di hotel langsung diadakan Swab Test (PCR) dari Tim KKP yang telah disiapkan sekitar 4 Tim medis di Hotel ABK diisolasi dengan menempati 1 kamar per ABK. Pemeriksaan dipimpin langsung oleh dr. Jefri Hasibuan Simbolon (KKP Klas I Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta utara).

“Hari ini telah dilaksanakan debarkasi ABK WNI Kapal pesiar MV. Eurodam sebanyak 870 ABK namun Tim dan Principal/agen sepakat melakukan dalam 2 gelombang. Yaitu gelombang I sebanyak 434 ABK dan besok untuk gelombang II (426 ABK),” kata Brigadir Jenderal TNI (Mar) Hermanto.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri