Brigjen TNI Izak Sebut Penyerang Warga Sipil di Yahukimo dari Kelompok Tandius Gwijangge

Brigjen TNI Izak Sebut Penyerang Warga Sipil di Yahukimo dari Kelompok Tandius Gwijangge
Dandrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan. (ANTARA/Evarukdijati)

jpnn.com, JAYAPURA - Pelaku penembakan dan penganiayaan hingga menewaskan warga sipil di Kampung Pingki, Kabupaten Yahukimo, Papua, teridentifikasi.

Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan pelaku adalah Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) pimpinan Tandius Gwijangge (TG).

"Dari laporan yang diterima keempat korban itu diserang KSB pimpinan Tandius Gwijangge, namun dibela warga yang kemudian ditembak hingga meninggal," kata Brigjen TNI Izak Pangemanan kepada Antara, Kamis (24/6) malam.

Jenderal bintang satu itu mengatakan bahwa korban penembakan bukan pekerja jembatan dari PT Papua Crenoma, melainkan tukang bangunan yang disewa warga untuk membangun rumah di kampung tersebut.

"Untuk karyawan PT Papua Crenoma yang sedang mengerjakan pembangunan jembatan kondisinya dilaporkan aman," ungkapnya.

Namun demikian, dia mengakui adanya penembakan yang dilakukan terhadap truk milik PT Crenoma dengan nomor polisi DS 9655 MA.

Peristiwa penembakan yang diduga oleh pelaku yang menggunakan senjata laras panjang terjadi di Kampung Pingki hingga menyebabkan sopir balik arah dan menyelamatkan diri ke camp Kali Kuk Km 47+600.

"Untuk karyawan PT Crenoma dilaporkan kondisinya aman, dan evakuasi dijadwalkan Jumat (25/6)," tambahnya.

Danrem 172/PWY Brigjen TNI Izak Pangemanan mengatakan pelaku penyerangan warga sipil di Kabupaten Yahukimo, Papua, adalah Kelompok Sipil Bersenjata (KSB) pimpinan Tandius Gwijangge (TG).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News