Brigjen TNI Sembiring: Anak-anak dan Kaum Perempuan Dijadikan Tameng Hidup oleh KKB

Brigjen TNI Sembiring: Anak-anak dan Kaum Perempuan Dijadikan Tameng Hidup oleh KKB
Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang saat ini disandera KKB pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga, Provinsi Papua Pegunungan. Wajahnya menyiratkan kesedihan mendalam, sungguh kasihan. ANTARA/HO

jpnn.com - TIMIKA - Komandan Korem 172/PWY Brigjen TNI J.O. Sembiring menyatakan Egianus Kogoya bersama Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadikan anak-anak dan perempuan sebagai tameng mereka. Tujuannya ialah supaya pelanggaraan hak asasi manusia selalu ditujukan pada aparat TNI dan Polri.

"Kami sudah lama mengetahui bila anak-anak dan kaum perempuan dijadikan tameng hidup oleh KKB," kata Brigjen TNI J.O. Sembiring di Timika, Kamis (23/2).

Dia mengatakan bahwa aksi sadis dilakukan Egianus Kogoya sejak 2017 hingga saat ini. Menurut dia, hal itu salah satu cara agar tercipta opini bahwa anggota TNI dan Polri yang melakukan penembakan terhadap anak-anak dan kaum perempuan hingga berujung pada pelanggaran HAM. 

"Namun, saat ini prajurit TNI dan Polri sudah terlatih, mengerti mana yang perlu dilakukan dan mana yang tidak perlu dilakukan karena HAM menjadi pedoman bagi prajurit dalam bertugas," ungkap Sembiring.

Danrem 172 yang menjadi Komandan Kolaops TNI berkolaborasi dengan Satgas Damai Cartenz menyatakan akan berupaya membebaskan Pilot Susi Air Philip Mark Merthens yang hingga kini masih bersama Egianus Kogoya.

"Kami tim gabungan TNI/Polri mohon doa dan dukungannya agar operasi penegakan hukum yang saat ini berjalan dapat berhasil, dan prajurit TNI/Polri beserta pilot Susi Air dapat ditemukan dalam keadaan selamat," kata Sembiring.

Sebelumnya, KKB pimpinan Egianus Kogoya sejak 7 Februari menahan pilot Susi Air berkebangsaan Selandia Baru setelah membakar pesawat itu di lapangan Paro, Kabupaten Nduga, Papuan Pegunungan. (antara/jpnn)

Brigjen TNI J.O Sembiring mengatakan pihaknya sudah lama mengetahui bahwa anak-anak dan kaum perempuan dijadikan tameng hidup oleh KKB Egianus Kogoya.


Redaktur & Reporter : M. Kusdharmadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News