Bromo, Karawang dan Twitland

Oleh: Zaenal A Budiyono*

Bromo, Karawang dan Twitland
Bromo, Karawang dan Twitland
BERSYUKURLAH Indonesia yang punya Lautan Pasir Gunung Bromo. Tempat yang indah dan menakjubkan, dengan deretan gunung, pasir hitam dan bukit mirip di film kartun Teletubbies.

Di tempat ini, beberapa waktu lalu, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) berbincang dengan ratusan warga Tengger di hamparan pasir nan luas tanpa tenda maupun panggung, layaknya acara presiden di tempat-tempat lain. SBY mengunjungi kawasan Tengger, Bromo, dalam rangka membangkitkan industri wisata pasca-erupsi dua tahun lalu.

Sebagaimana disampaikan masyarakat Tengger, ada penurunan kunjungan wisatawan asing dan domestik setelah letusan. Mungkin sebagian masyarakat masih menilai kawasan Bromo belum normal. Nah dengan kunjungan Presiden, diharapkan image Bromo sebagai third best mountain view in the world dapat kembali menarik wisatawan, khususnya dari luar negeri.

Masyarakat Tengger yang bersahaja sangat antusias menyambut kedatangan Presiden SBY. Mereka mengaku dukungan dari pemimpin nasional sangat penting bagi upaya revitalisasi pariwisata kawasan Bromo.

BERSYUKURLAH Indonesia yang punya Lautan Pasir Gunung Bromo. Tempat yang indah dan menakjubkan, dengan deretan gunung, pasir hitam dan bukit mirip

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News