BSKDN Bekali Pengelola Keuangan Pemda Kalsel agar Nilai IPKD Terus Meningkat

BSKDN Bekali Pengelola Keuangan Pemda Kalsel agar Nilai IPKD Terus Meningkat
Bimbingan Teknis (Bimtek) IPKD Lingkup Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Kalsel, di Hotel Grand Cemara Jakarta Pusat pada Kamis, 2 Maret 2023. Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA –Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Provinsi Kalimantan Selatan menggelar acara Bimbingan Teknis (Bimtek) IPKD Lingkup Provinsi, Kabupaten/Kota Se-Kalsel, di Hotel Grand Cemara Jakarta Pusat pada Kamis, 2 Maret 2023.

Acara tersebut menghadirkan pembicara dari Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri (BSKDN) Kemendagri.

Hadir di acara tersebut Kepala Pusat Strategi Kebijakan Pembangunan, Keuangan Daerah dan Desa BSKDN Heru Tjahyono, mewakili Kepala BSKDN Yusharto Huntoyungo.

Heru Tjahyono menjelaskan, BSKDN Kemendagri berupaya memperkuat aparatur pengelola keuangan di lingkup pemerintah daerah (pemda) di wilayah Kalsel.

Langkah tersebut merupakan bagian dari upaya BSKDN Kemendagri untuk meningkatkan kualitas pengelolaan keuangan termasuk meningkatkan nilai Indeks Pengelolaan Keuangan Daerah (IPKD) di daerah tersebut.

Heru mengungkapkan, salah satu kendala yang kerap dihadapi pemda dalam meningkatkan nilai IPKD adalah minimnya pengetahuan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) mengenai penginputan data secara benar.

Oleh karenanya, kesadaran setiap OPD untuk meningkatkan kompetensi dalam pengelolaan keuangan daerah sangat diperlukan.

"Kami (BSKDN) berterima kasih sekali karena dilibatkan dalam acara ini, semoga dapat menambah pengetahuan atau memperdalam pengetahuan Bapak/Ibu sekalian mengenai input data terkait IPKD ini," tutur Heru.

BSKDN Kemendagri berupaya memperkuat aparatur pengelola keuangan di lingkup pemda di wilayah Kalsel agar nilai IPKD terus meningkat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News