BSKDN Minta Pemda Tingkatkan Komitmen Berinovasi untuk Pengembangan Desa Wsata

BSKDN Minta Pemda Tingkatkan Komitmen Berinovasi untuk Pengembangan Desa Wsata
BSKDN menggelar Forum Diskusi Aktual (FDA) bertema "Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata di Daerah", Kamis, 13 April 2023. Foto: Humas BSKDN

jpnn.com - JAKARTA -Badan Strategi Kebijakan Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri (BSKDN Kemendagri) mendukung pembangunan desa wisata.

Karena itu, BSKDN meminta Pemerintah Daerah (Pemda) terus meningkatkan komitmennya dalam berinovasi, khususnya inovasi yang berkaitan dengan pengembangan ekonomi desa melalui sektor pariwisata.

Semangat itulah yang melatarbelakangi BSKDN menyelenggarakan Forum Diskusi Aktual (FDA) bertema "Strategi Pengembangan Potensi Desa Wisata di Daerah", yang berlangsung secara daring dan luring dari Hotel Orchardz Jayakarta pada Kamis, 13 April 2023.

Dalam forum tersebut, BSKDN menghadirkan sejumlah pakar sebagai narasumber untuk memberikan masukan terkait permasalahan yang dihadapi Pemda dalam mengembangkan desa wisata.

Analis Kebijakan Ahli Madya Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDTT) Arta Uli Aritonang yang hadir sebagai narasumber mengungkapkan dukungannya terhadap pengembangan desa wisata.

Arta Uli mengatakan, Kemendes PDTT mendukung program desa wisata melalui Dana Desa yang dapat digunakan tak hanya untuk membangun desa wisata, tetapi juga dalam hal pengadaan, pemanfaatan, dan pemeliharaan sarana dan prasarana desa wisata.

Adapun sarana tersebut meliputi pergola, gazebo, pondok wisata atau homestay, hingga kios cende ramata. "Ada pengadaan bukan cuma pembangunan, itu dibolehkan," jelasnya.

Arta menjelaskan, pembangunan desa wisata tidak akan maksimal tanpa upaya kerja sama antar stakeholder, masyarakat, maupun pihak swasta.

BSKDN Kemendagri mendorong pemda meningkatkan komitmen dalam berinovasi untuk pengembangan desa wisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News