JPNN.com

BST Hadir untuk Ringankan Beban Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19

Minggu, 08 November 2020 – 20:51 WIB
BST Hadir untuk Ringankan Beban Masyarakat di Tengah Pandemi Covid-19 - JPNN.com
Ilustrasi penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST). Foto: Kemensos

jpnn.com, MATARAM - Bantuan Sosial Tunai (BST) merupakan program yang digulirkan pemerintah pusat untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

Seperti diketahui, tak hanya di sektor kesehatan, pandemi Covid-19 yang melanda Indonesia sangat berpegaruh terhadap kondisi sosial dan ekonomi hampir seluruh masyarakat.

“BST hadir untuk meringankan beban masyarakat tidak mampu di tengah pandemi Covid-19. BST ini diperuntukkan bagi masyarakat yang tidak menerima Bansos seperti PHK dan BPNT,” ungkap Kasi Dinsos Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB), Dede Tsyabitul Misyaq dalam Webinar bertema “Penyaluran dan Manfaat BST : Ikhtiar Pulihkan Ekonomi Indonesia” yang digelar Komunitas Muda Mengajar Lombok bekerjasama dengan Kementerian Sosial RI dan PT Pos Indonesia, Kamis (5/11).

Dede menuturkan, BST diperuntukkan bagi keluarga yang tidak termasuk ke Program Keluarga Harapan (PKH) atau non PKH, dan penyalurannya harus tepat sasaran.

Adapun data yang digunakan adalah hasil dari BDT tahun 2015 dan telah diperbaiki lewat pemutakhiran data di tahun 2019.

“Berbicara validasi data, memang kami cukup lambat karena kurangnya infrastuktur dalam mengatasi masalah tersebut, tetapi dari tahun 2019 kami cukup intens mengawal data dan perubahan data tersebut,” katanya.

Dalam kesemapatan yang sama, Kepala Kantor Pos Kota Mataram, NTB, Sugiyana mengatakan, saat ini BST sudah tahap penyaluran ke-7 dan akan memasuki tahap ke-8 yang direalisasikan sebelum Desember 2020.

“Kantor Pos sebagai wadah untuk menyalurkan BST ini sudah memasuki tahap ke-7. Sebelum Desember ini sudah dapat kami pastikan akan masuk ke tahap penyaluran ke-8,” katanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
rama