BTN Siapkan Digital Mortgage Ecosystem

BTN Siapkan Digital Mortgage Ecosystem
HUT KPR Bank BTN ke-45 tahun. Foto dok BTN

jpnn.com, JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (BTN) menunjukkan komitmennya menjadi mitra pemerintah dalam mendukung sektor properti untuk bangkit.

Sejak Kredit Perumahan Rakyat (KPR) diluncurkan pertama kalinya di Indonesia oleh BTN pada 10 Desember 1976, perseroan telah mengucurkan pembiayaan senilai Rp 352 triliun dan mewujudkan rumah impian ke lebih dari 5 juta keluarga di Indonesia.

Pencapaian tersebut tidak lepas dari upaya BTN yang senantiasa menghadirkan program maupun produk yang inovatif, yang tidak hanya membantu masyarakat tetapi juga seluruh stakeholder sektor properti.

“Menginjak usia KPR ke 45, siap menerapkan digitalisasi ekosistem pembiayaan perumahan,” ujar Direktur Utama BTN Haru Koesmahargyo dalam acara Syukuran HUT KPR ke 45 di Jakarta, Jumat (10/12).

Dari keseluruhan pembiayaan KPR senilai Rp 352 triliun, sebanyak lebih 76 persen mengalir ke segmen KPR Subsidi sementara sisanya mengalir ke segmen KPR non subsidi.

Dengan pencapaian tersebut, tak heran bank yang dulunya bernama Postpaarbank telah menjadi kontributor utama pada Program Sejuta Rumah Pemerintah dengan kontribusi rata-rata 60% per tahunnya, baik untuk pembiayaan kepemilikan maupun kredit konstruksi bagi developer.

“HUT KPR kami ke 45 menjadi moment yang tepat bagi Bank BTN untuk menunjukkan komitmen kami dalam mengoptimalkan digitalisasi sebab Bank BTN yang memiliki peran strategis sebagai enabler yang memberikan pembiayaan sisi supply melalui kredit konstruksi kepada developer maupun sisi demand dengan memberikan KPR kepada masyarakat,” kata Haru.

Haru menjelaskan dalam ekosistem perumahan nasional  tersebut, BTN menciptakan layanan one stop shopping perumahan di era digital.

PT Bank Tabungan Negara (BTN) menunjukkan komitmennya menjadi mitra pemerintah dalam mendukung sektor properti untuk bangkit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News