Bu Khofifah Imbau Dana PKH Jangan Disalahgunakan

Bu Khofifah Imbau Dana PKH Jangan Disalahgunakan
Khofifah Indar Parawansa. Foto: dok/JPNN.com

jpnn.com - BENGKULU - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa memantau langsung pencairan dana program keluarga harapan (PKH) tahap dua di Kantor Pos Kota Bengkulu. 

Menteri asal Surabaya itu mengimbau agar bantuan PKH benar-benar dimanfaatkan untuk pendidikan dan gizi anak agar anak sehat. "Jangan disalahgunakan ya ibu-ibu. Utamakan untuk kebutuhan anak-anak sekolah," kata Mensos, Jumat (17/6).

Menurut Khofifah, PKH adalah program nasional untuk keluarga sangat miskin. Untuk mendapatkan PKH, ditetapkan syarat kondisional penerima dan diberikan untuk ibu hamil, ibu yang memiliki bayi, balita, dan anak yang belum menyelesaikan sekolah dasar.

Peserta PKH yang memiliki anak usia SD mendapat Rp 450 ribu, SMP Rp 750 ribu dan SMA Rp 1 juta yang dicairkan empat kali setahun. 

Di Bengkulu, ada penambahan penerima PKH yakni dari 29.208 keluarga pada 2015 (dengan anggaran Rp 61,2 miliar) bertambah 16.057 keluarga menjadi 45.265 keluarga pada 2016 dengan anggaran Rp 68 miliar.

Menteri yang juga ketua Muslimat NU tersebut menyampaikan bantuan itu harus benar-benar dimanfaatkan untuk keperluan anak sekolah, atau bagi ibu hamil untuk menambah asupan gizi selama kehamilan. Begitu juga untuk bayi dan balita sehingga generasi ke depan menjadi generasi yang sehat.

"Jangan meninggalkan generasi yang lemah, karena itu kita harus manfaatkan dana PKH untuk mencerdaskan dan menyehatkan anak," ucapnya.

Deni Itikasari salah seorang penerima manfaat PKH mengatakan bantuan tersebut sangat menolong keluarganya, terutama untuk membiayai pendidikan empat orang anaknya. 

BENGKULU - Menteri Sosial (Mensos) Khofifah Indar Parawansa memantau langsung pencairan dana program keluarga harapan (PKH) tahap dua di Kantor Pos

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News