Bu Khofifah Titip Ini Pada Gus Yani, Tiga Hal Utama

Bu Khofifah Titip Ini Pada Gus Yani, Tiga Hal Utama
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa memita Bupati Gresik untuk tangani tiga hal utama. Ilustrasi Foto: Aristo Setiawan/jpnn

jpnn.com, GRESIK - Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menitipkan pesan penyelesaian banjir Kali Lamong kepada Bupati Gresik, Fandi Akhmad Yani atau akrab disapa Gus Yani.

Hal tersebut diutarakan saat serah terima jabatan (sertijab) kepala daerah setempat yang digelar di Ruang Sidang Paripurna DPRD Gresik, Sabtu (6/3).

"Tentu sangat banyak penjabarannya. Namun yang saya garis bawahi yang utama adalah terkait UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah), KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) dan Kali Lamong," kata Khofifah saat memimpin Sidang Paripurna tersebut.

Mantan Menteri Sosial RI itu mengatakan, pemimpin baru perlu melakukan lompatan-lompatan inovasi. Khususnya, lanjut Khofifah soal program pengentasan kemiskinan dan pengangguran.

"Tingkat kemiskinan dan pengangguran Kabupaten Gresik lebih tinggi daripada rata-rata provinsi," ujar dia.

Khofifah juga mendorong pergerakan UMKM di Gresik secara cepat. Menurut dia, Gresik adalah daerah yang menjadi penyumbang terbanyak jumlah UMKM, sehingga harus dikembangkan dan diprioritaskan.

Apalagi, diprediksi pada 2030 pasar dunia didominasi UMKM sbenayak 80 persen.

"Digitalisasi sistem akan kami prioritaskan untuk mencari pasar bagi UMKM. Salah satunya dengan Virtual Bussiness Meeting yang terhubung hingga ke berbagai negara," jelas dia.

Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa titipkan tiga hal utama kepada Bupati Gresik Gus Yani.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News