Bu Mega, Bu Risma dan Mbak Puti Bicara Konservasi Lingkungan

Bu Mega, Bu Risma dan Mbak Puti Bicara Konservasi Lingkungan
Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia, Megawati Soekarnoputri (tiga kiri) di sela kunjungan ke Surabaya. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, SURABAYA - Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) Megawati Soekarnoputri memanfaakan dua hari kunjungannya ke Surabaya dengan mengampanyekan konservasi lingkungan.

Presiden ke-5 RI itu pun memuji Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang telah mengelola kotanya menjadi hijau, sejuk dan segar. Selain itu juga ditetapkan pembangunan Kebun Raya Mangrove, yang pertama kali diinisiasi di Indonesia.

Megawati, Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP), berada di Surabaya mulai Sabtu kemarin hingga Minggu (29/4). Selain Risma, turut mendampingi Bu Mega, calon Wakil Gubernur Jawa Timur, Puti Guntur Soekarno.

Juga hadir Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, anggota DPR RI Nursyirwan Sudjono, dan Wakil Wali Kota Surabaya Whisnu Sakti Buana. “Saya berharap kota-kota besar lain bisa meniru Surabaya. Kota ini menjadi pilot project untuk menjadi lingkungan yang hijau, bersih dan sejuk,” kata Megawati.

Pada Sabtu (28/4) kemarin, Megawati menghadiri sarasehan para penerima Kalpataru, penghargaan lingkungan. Kemudian, hari Minggu ini mengikuti Festival Jaga Bumi, di Jalan Tunjungan Kota Surabaya.

Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, juga menyampaikan upaya Pemerintah Kota Surabaya selama ini dalam menurunkan tingkat kepanasan di daerahnya. “Kami sudah berhasil menurunkan suhu 2 derajat celsius. Upaya ini harus ditingkatkan lagi bersama rakyat Surabaya,” kata Risma.

Upaya itu, kata dia, dilakukan dengan memperbanyak penanaman pohon. Juga mempertahankan konservasi wilayah, termasuk kawasan hutan mangrove di pesisir timur Kota Surabaya. “Kami juga menambah hutan-hutan kota di Surabaya,” kata Risma.

Sementara calon Wakil Gubernur Puti Guntur Soekarno mengatakan, Bu Risma menjadi contoh penting kepala daerah yang memiliki komitmen kuat dalam pengendalian tata ruang wilayah. “Ruang terbuka hijau terus diperbanyak,” kata Puti di sela-sela Festival Jaga Bumi.

Megawati Soekarnoputri berharap kota-kota besar lain bisa meniru Surabaya, kota yang menjadi pilot project untuk menjadi lingkungan yang hijau dan sejuk.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News