Bu Mega Mendorong BRIN Kembangkan Reaktor Nuklir

Bu Mega Mendorong BRIN Kembangkan Reaktor Nuklir
Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi (BRIN) Megawati Soekarnoputri saat memberikan sambutan dalam acara penandatanganan antara BRIN dan TVRI tentang Indonesia Raya Jelajah Sains yang mengatur soal diseminasi informasi terkait ilmu pengetahuan di Gedung TVRI di Jakarta Pusat, Senin (12/6). Foto: DPP PDIP

jpnn.com, JAKARTA - ?Ketua Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri mendorong BRIN kembali mengembangkan reaktor nuklir di Indonesia.

Hal itu menurutnya sudah pernah dirintis oleh P?roklamator RI Soekarno (Bung Karno) di Bandung, Jawa Barat.

Reaktor Triga 2000 di Bandung adalah yang pertama di Indonesia.

"Bung Karno saja sudah berpikir untuk kita punya reaktor nuklir. Saya sangat ingat, adanya itu di Bandung, namanya Triga Mark," kata Megawati.

Dorongan disampaikan Presiden kelima RI itu di sela-sela Penandatanganan Nota Kesepahaman (MoU) BRIN dan TVRI di Gedung TVRI, Jakarta Pusat, Senin.

Reaktor dengan nama asli Reaktor Triga Mark II di Bandung diresmikan operasionalnya oleh Presiden Pertama RI Soekarno pada 1965 sebagai pusat pelatihan, riset, dan produksi radioisotop untuk berbagai keperluan, baik medis, industri atau penelitian.

Megawati menilai belum telat bagi BRIN mengembangkan riset soal nuklir dengan memanfaatkan Triga 2000.

Dia bahkan optimistis Indonesia bisa menyusul negara-negara yang lebih dulu mengembangkan nuklir, seperti Korea Utara (Korut).

Megawati Soekarnoputri mendorong BRIN kembali mengembangkan reaktor nuklir. Dia yakin Indonesia bisa menyusul Korut. Begini penjelasannya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News