Bu Mega Murka, Rini Soemarno Berurai Air Mata, Penyebabnya Amplop KPK

Bu Mega Murka, Rini Soemarno Berurai Air Mata, Penyebabnya Amplop KPK
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri. Foto: Ricardo/JPNN.Com

jpnn.com, JAKARTA - Wartawan senior cum penulis Panda Nababan membeber soal hubungan Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dengan Rini Soemarno yang kini renggang.

Menurut Panda, pemicu keretakan hubungan kedua tokoh itu ialah saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) hendak membentuk Kabinet Kerja pada 2014.

“Hubungan mereka waktu teenager (remaja) juga sudah dekat,” kata Panda saat menjadi narasumber siniar Total Politik yang ditayangkan di YouTube belum lama ini.

Menurut Panda, ayah Rini yang bernama Soemarno pernah menjadi menteri di pemerintahan Bung Karno. Rini juga pernah menjadi menteri perdagangan dan perindustrian saat Megawati menjabat Presiden RI.

Memang Rini bukanlah kader PDIP. Namun, dia sangat dekat dengan Megawati.

“Kemudian pekong, pecah kongsi,” ucap Panda.

Syahdan, wartawan penerima Anugerah Adinegoro 1976 itu mengunjungi Rini di kantor Kementerian BUMN. Perempuan kelahiran Maryland, Amerika Serikat, pada 9 Juni 1958 itu merupakan Menteri BUMN Kabinet Kerja 2014-2019.

“Rini bercerita ke saya, menangis di ruang kerjanya di Kementerian BUMN,” kisah Panda.

Panda Nababan menuturkan Megawati dan Rini Soemarno yang bersahabat sejak remaja akhirnya renggang menjelang pembentukan Kabinet Kerja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News