Bu Mega Ternyata Sosok yang Mempertahankan KRI Dewaruci, Dari Situ Lahir Banyak Pemimpin TNI AL

Bu Mega Ternyata Sosok yang Mempertahankan KRI Dewaruci, Dari Situ Lahir Banyak Pemimpin TNI AL
Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono bersama Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8). Foto: Tim Dokumentasi Megawati

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono mengatakan bahwa keberadaan KRI Dewaruci yang fenomenal adalah berkat jasa Megawati Soekarnoputri.

"Jika bukan perhatian dan jasa besar Ibu Megawati, kapal ini sudah jadi museum," kata Yudo dalam acara Talk Show Napak Tilas Ratu Kalinyamat Pahlawan Maritim Nusantara di Geladak KRI Dewaruci, Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis (11/8).

Melalui perjuangan Megawati, kata dia, kapal yang sudah berumur 69 tahun dan masih tetap eksis serta merupakan kapal kebanggaan Indonesia.

"Dari sinilah terlahir para pemimpin angkatan laut para prajurit-prajurit jalasena yang gagah perkasa," tutur Yudo.

Menurut Yudo, perhatian Presiden Kelima RI itu sangat besar dengan aspek pertahanan Indonesia.

Jenderal bintang empat itu menganggap putri Proklamator RI Bung Karno itu peduli dan perhatian dengan pembangunan kekuatan militer tanah air.

"Bu Megawati bukan dari kalangan militer, tetapi memiliki kepedulian dan perhatian sangat besar terhadap pembangunan kekuatan militer, khususnya TNI, dan terkhusus lagi TNI Angkatan Laut," kata dia.

Kedatangan ketua umum PDI Perjuangan itu ke acara tersebut untuk menjadi pembicara kunci.

KRI Dewaruci yang sudah berumur 69 tahun masih tetap eksis serta merupakan kapal kebanggaan Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News