Muhibah Jalur Rempah Pertemukan 4 Kesultanan Maluku Kie Raha di KRI Dewaruci

Muhibah Jalur Rempah Pertemukan 4 Kesultanan Maluku Kie Raha di KRI Dewaruci
Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 berhasil mencetak sejarah dengan mempertemukan empat Kesultanan Maluku. Foto: dok. Kemendikbudristek

jpnn.com, JAKARTA - Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 yang diinisiasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berhasil mencetak sejarah dengan mempertemukan empat Kesultanan Maluku Kie Raha, yaitu Ternate, Tidore, Jailolo, dan Bacan.

Pertemuan tersebut dilakukan saat gala dinner di atas geladak KRI Dewaruci yang bersandar di Pelabuhan Trikora, Tidore, 15 Juni 2022.

Pertemuan empat kesultanan ini menjadi sejarah. Sebab, merupakan pertemuan pertama mereka setelah sekian lama.

Di atas geladak kapal, empat kesultanan tersebut merundingkan dan membahas tentang pemajuan kebudayaan Maluku Kie Raha sebagai kepulauan rempah-rempah yang menjadi percontohan daerah di provinsi lain.

Selain empat kesultanan Maluku Kie Raha, jamuan ini turut dihadiri oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek Hilmar Farid, Direktur Pemanfaatan dan Kebudayaan Restu Gunawan, Direktur Perfilman, Musik, dan Media Baru Ahmad Mahendra, serta pejabat setempat.

Sultan Ternate Hidayatullah Sjah menegaskan bahwa pertemuan empat kesultanan ini merupakan peristiwa bersejarah.

“Kehadiran kami di geladak KRI Dewaruci merupakan pengulangan 500 tahun lalu nenek moyang kami naik ke kapal Galleon Belanda,” kata Hidayatullah Sjah.

“Pada 1322 bangsa Ternate membangun peradaban, memperluas peradabannya dengan membangun penataan pemerintahan yang lebih lengkap dengan membentuk konfederasi yang namanya Moluku Kie Raha, menggabungkan tiga saudaranya menjadi satu di dalam konferensi Moti. Saya yakin, pada masa mendatang bahwa akan datang satu fase di mana peradaban gemilang kami akan kembali,” tegasnya.

Muhibah Budaya Jalur Rempah 2022 yang diinisiasi Kemendikbudristek berhasil mencetak sejarah dengan mempertemukan empat Kesultanan Maluku.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News