Haul ke-48 Bung Karno

Bu Megawati Minta Rakyat Jatim Menangkan Cucu Bung Karno

Bu Megawati Minta Rakyat Jatim Menangkan Cucu Bung Karno
Megawati Soekarnoputri dan Gus Ipul dalam haul ke-48 Bung Karno. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BLITAR - Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri meminta masyarakat Jawa Timur memenangkan cucu Bung Karno, Puti Guntur Soekarno dalam pemilihan gubernur atau Pilgub Jatim 2018.

Buat Megawati, memenangkan Puti yang berpasangan dengan Saifullah Yusuf atau Gus Ipul, adalah cara menghargai sang bapak bangsa. “Ini bukan untuk kampanye. Namun saya minta kepada rakyat Jawa Timur untuk menghargai Bung Karno dengan memenangkan seorang cucunya, buat Jawa Timur,” kata Megawati.

Permintaan Megawati itu disambut riuh ribuan warga yang hadir dalam Kenduri 1.001 Tumpeng Haul ke-48 Bung Karno, yang digelar di Makam Bung Karno, Kota Blitar, Rabu (20/6).

Bu Megawati Minta Rakyat Jatim Menangkan Cucu Bung Karno

Selain Gus Ipul-Puti, hadir pula sejumlah ulama dan tokoh nasional seperti KH Nurul Huda Djazuli, KH Zainuddin Djazuli, KH Anwar Iskandar, KH Fuad Djazuli, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar, Ketum PBNU KH Said Aqil Siradj, Anggota Dewan Pengarah BPIP, Mahfud MD, Mendagri Tjahjo Kumolo, Menkumham Yasonna Laoly, Menpora Imam Nahrawi, Menaker Hanif Dhakiri, Mendes PDTT Eko Putro Sandjojo, Menristek Mohamad Nasir, Kepala BIN Budi Gunawan, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto, Wakil Ketua MPR Ahmad Basarah, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas.

Megawati bercerita, sebelum memutuskan memilih Puti, dia sudah terlebih dahulu meminta izin pada ayahnya. “Kali ini bapak, saya terjunkan salah satu cucu kamu yaitu Puti Guntur Soekarno,” kata putri sulung Bung Karno ini.

Bu Mega mengatakan, Gus Ipul dan Mbak Puti merupakan kesatupaduan NU dan Soekarnois yang sudah terjalin sejak lama di Jawa Timur. Bahkan, kata Megawati, peringatan Haul Bung Karno yang ada hingga saat ini juga merupakan tradisi kultural keagamaan yang terus dijaga para Soekarnois dan kaum nahdliyin di Jawa Timur.

“Saya berterima kasih kepada seluruh masyarakat Jawa Timur, khususnya kepada keluarga besar nahdliyin yang bersama-sama dengan kaum Soekarnois telah menjaga tradisi haul. Artinya menjaga tradisi keindonesiaan kita,” kata Megawati.

Sejumlah ulama, tokoh dan menteri hadir dalam haul ke-48 Bung Karno di Blitar, Rabu (20/6).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News