Haul ke-48 Bung Karno

Di Balik Batik Merah Gus Ipul dan Kerudung Hijau Mbak Puti

Di Balik Batik Merah Gus Ipul dan Kerudung Hijau Mbak Puti
Sejumlah tokoh, termasuk calon dan wakil gubernur Jawa Timur, Gus Ipul dan Mbak Puti berdoa untuk Bung Karno. Foto: for JPNN.com

jpnn.com, BLITAR - Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf alias Gus Ipul dan Puti Guntur Soekarno tampak khusyuk berdoa di sisi pusara proklamator RI, Soekarno, dalam haul ke-48 Presiden Pertama RI itu di Kota Blitar, Rabu (20/6).

Gus Ipul terlihat mengenakan baju batik berwarna merah. Sementara Mbak Puti tampak anggun dengan kerudung hijau. Gus Ipul mengatakan, paduan warna dalam busana yang dia kenakan bersama Puti Soekarno adalah simbol semakin bersatunya kaum nahdliyin dan kaum nasionalis.

Dua kelompok itulah yang menjadi fondasi bagi bangunan Indonesia. “Dan dari Jawa Timur-lah fondasi itu dibangun. Dari provinsi ini, lahir seorang tokoh besar dan Bapak Bangsa kita, Bung Karno, Putra Sang Fajar. Dari Jatim pula tumbuh kesadaran pergerakan umat Islam, antara lain tercermin dari terbitnya Resolusi Jihad yang menggelorakan semangat melawan penjajahan,” ujar Gus Ipul.

Dua kekuatan itulah, sambung Gus Ipul, yang mesti terus dijalin kebersamaannya demi utuhnya bangsa Indonesia. “Dengan keutuhan bangsa, kita bisa membangun dan menyejahterakan rakyat dalam bangunan Indonesia Raya,” kata Gus Ipul yang juga ketua PB Nahdlatul Ulama.

Di Balik Batik Merah Gus Ipul dan Kerudung Hijau Mbak Puti

“Insyaallah warna busana yang kami kenakan ini adalah wujud tekad kuat untuk menyatukan seluruh elemen di Jatim, untuk bersama-sama meraih esok yang lebih baik. Busana ini juga produksi usaha kecil menengah Jatim, menjadi pesan bagi prioritas kami ke depan, yaitu membela kelompok ekonomi kecil dan masyarakat miskin,” imbuh Gus Ipul.

Mbak Puti menambahkan, salah satu syarat bagi terwujudnya Indonesia yang tangguh adalah menyatunya elemen santri dan nasionalis, “Nasionalis dan santri, santri dan nasionalis, tak ubahnya dua sisi dari satu keping mata uang yang membentuk Indonesia Raya. Berkat persatuan dua kelompok itulah, Indonesia tak mempan dipecah belah, republik ini tetap berdiri untuk menuntaskan tugas menyejahterakan seluruh lapisan rakyat,” kata cucu Bung Karno tersebut.

Ketua Umum Pengurus Besar Nadhlatul Ulama (PBNU KH Said Aqil Siradj, yang juga hadir dalam haul tersebut, menambahkan, menyatunya elemen santri dan nasionalis bukan jargon politik semata. "Dalam perjalanan sejarah bangsa kita, berkali-kali kaum santri dan nasionalis menyelamatkan Indonesia dari perpecahan," ujarnya.

Gus Ipul mengatakan, paduan warna dalam busana yang dia kenakan bersama Mbak Puti di haul Bung Karno memiliki makna tersendiri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News