JPNN.com

Bu Menteri, Kapan Ada Aturan Tegas Sampah seperti di Singapura?

Minggu, 31 Mei 2015 – 22:56 WIB Bu Menteri, Kapan Ada Aturan Tegas Sampah seperti di Singapura? - JPNN.com

JAKARTA - Organisasi pemerhati lingkungan, HuMa meminta Menteri Kehutanan dan Lingkungan Hidup Siti Nurbaya untuk mendorong pemerintah daerah memperketat aturan untuk pengelolaan sampah.

Hal ini disampaikan Ketua HUMA Muhammad Chalid dalam diskusi di Jakarta Pusat, Minggu (31/5). "Masalah sampah di daerah-daerah ini sudah sangat mengkhawatirkan. Jadi kira-kira kapan Bu Menteri, Indonesia bisa seperti Singapura yang ketat dalam aturan soal sampah," ujar Chalid pada Menteri Siti yang turut hadir dalam diskusi tersebut.

Kementerian, kata Chalid, harusnya bisa mendorong pemerintah daerah untuk memperketat perda soal sampah. Selama ini, menurutnya, pemerintah pusat maupun pemda kurang memperhatikan masalah pengelolaan sampah. Terutama di kota-kota besar. Akibatnya, banyak masalah yang ditimbulkan. Salah satunya banjir akibat banyaknya sampah yang menyumbat jalur air di perkotaan.

"Pemdanya tidak tegas membuat aturan. Kalau di Singapura semua ada dendanya soal sampah. Ada efek jera untuk masyarakat," imbuh Chalid.

Pemerintahan baru, kata Chalid, harus membuktikan komitmen untuk menjaga lingkungan hidup layak bagi masyarakat. (flo/jpnn)

TAGS   KLH

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...