Bu Rini Tugaskan Konsultan untuk Evaluasi Proyek Konstruksi

Bu Rini Tugaskan Konsultan untuk Evaluasi Proyek Konstruksi
Rini Soemarno. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri BUMN Rini Soemarno menugaskan konsultan independen untuk mengevaluasi secara menyeluruh proyek-proyek yang sedang dikerjakan oleh BUMN Karya. 

"Konsultan independen berfungsi untuk memastikan agar seluruh proyek konstruksi dilaksanakan sesuai standar keamanan terbaik sekaligus menjaga agar setiap tahapan pengerjaan proyek dilaksanakan dengan baik, prudent, dan aman," ujar Rini di Jakarta, Selasa (20/2).

Konsultan tersebut diharapkan bisa segera memberikan masukan berbentuk corrective action atas proyek-proyek untuk memastikan dipatuhinya regulasi dari Kementerian teknis terkait, yaitu Kementerian PUPR dan Kementerian Perhubungan.

Adapun ruang lingkup evaluasi yang akan dilakukan meliputi evaluasi organisasi dan prosedur QHSSE (Quality, Health, Safety, Security, and Environment) di setiap BUMN Karya dengan target menuju zero fatality.

"Organisasi QHSSE harus menjadi tanggung jawab langsung direktur utama sehingga menjadi perhatian dan tanggung jawab seluruh dewan direksi," katanya.

Rini mengatakan, setiap proyek akan diawasi dan monitor secara ketat terutama terkait dengan penerapan aspek keselamatan dan keamanan.

“Evaluasi ini juga melengkapi organisasi dan personil yang bertanggung jawab memastikan prosedur safety dijalankan oleh semua lini manajemen dan operasional,” terangnya.

Pelaksanaan evaluasi akan dilakukan melalui kerja sama dan koordinasi dengan Kementerian PUPR sebagai regulator teknis dan Kementerian Perhubungan sebagai pemilik proyek infrastruktur transportasi.

Konsultan tersebut diharapkan bisa segera memberikan masukan berbentuk corrective action atas proyek-proyek untuk memastikan dipatuhinya regulasi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News