JPNN.com

Bu Risma Instruksikan UPT Kemensos Berikan Pelayanan Lebih Beragam untuk Masyarakat

Jumat, 05 Maret 2021 – 18:38 WIB
Bu Risma Instruksikan UPT Kemensos Berikan Pelayanan Lebih Beragam untuk Masyarakat - JPNN.com
Mensos Tri Rismaharini meresmikan Sentra Kreasi Atensi Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung, Jumat (5/3). Foto: Humas Kemensos

jpnn.com, TEMANGGUNG - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini atau Bu Risma kembali menekankan pentingnya Kementerian Sosial (Kemensos) meningkatkan layanan lebih luas kepada masyarakat.

Dia berharap unit pelayanan teknis (UPT) milik Kemensos bisa melayani berbagai keperluan masyarakat penerima manfaat. Antara lain menerima pengaduan warga yang merasa belum mendapat bantuan, hingga menyiapkan ambulans untuk yang membutuhkan bantuan pelayanan medis.

"Jadi kalau ada balai netra, tidak hanya netra saja. Tetapi juga bisa lansia dan sebagainya. Nanti akan diaktifkan semacam call center. Lalu ada mobil jenazah yang nanti bisa membantu masyarakat yang membutuhkan," kata Bu Risma saat meresmikan Sentra Kreasi Atensi Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Intelektual (BBRSPDI) Kartini Temanggung, Jumat (5/3).

Hadir dalam kesempatan tersebut, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Bupati Temanggung Muhammad Al Khadziq, anggota Komisi VIII DPR, anggota DPD RI,  pejabat Eselon 1 dan 2 di lingkungan Kemensos.

Mantan wali kota Surabaya itu tidak ingin masyarakat kurang mampu yang keluarganya meninggal harus membawa jenazahnya dengan sepeda motor, karena tidak mampu menyewa ambulans. Balai juga diharapkan bisa membantu masyarakat yang mengadukan masalah keterlambatan pencairan bansos.

Selain itu, kata Risma, UPT bisa menjalankan fungsi dan peran lain dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat kurang mampu dengan pembinaan vokasi, dan wirausaha seperti pendirian Sentra Kreasi Atensi (SKA) di Bekasi dan Temanggung. Dia juga mendorong penambahan jenis usaha baru berupa laundry.

Dijelaskan Risma, sebelum dua SKA tersebut, Kemensos sudah memberdayakan lima anak yang tergantung Napza di Mojokerto, Jawa Timur. Mereka atas kemauan sendiri mengelola kafe yang kini makin ramai dikunjungi pelanggan.

Karena itu dia berharap dengan memperluas jenis layanan, akan lebih banyak anggota masyarakat yang membutuhkan yang akan terlayani. Dalam kesempatan berbeda sebelumnya, Risma juga menyatakan pentingnya perluasan peran balai.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...