Bu Risma Minta Himbara dan Pemda Mempercepat Pencairan Bansos

Bu Risma Minta Himbara dan Pemda Mempercepat Pencairan Bansos
Menteri Sosial Tri Rismaharini (tengah, belakang) menyaksikaan proses pencairan dana bansos kepada keluarga penerima manfaat di Desa Melis, Trenggalek, Sabtu (24/12/2021) (ANTARA/HO - JHumas Kemensos RI)

jpnn.com, TRENGGALEK - Menteri Sosial Tri Rismaharini alias Bu Risma meminta para operator Himpunan Bank Negara (Himbara) dan kepala daerah mempercepat pencairan dana bantuan sosial (bansos) kepada penerima manfaat sebelum pergantian tahun 2021 ke 2022.

“Saya minta pencairan dipercepat. Ini sudah akhir tahun,” kata Bu Risma dalam siaran persnya, Minggu (26/12).

Bu Risma menyampaikan permintaan itu di hadapan Bupati Trenggalek Mochamad Nur Arifin dan jajaran pimpinan Bank Himbara.

“Senin besok saya minta semuanya tuntas. Tidak ada penerima manfaat yang belum mencairkan bantuannya," ungkap Bu Risma. 

Saat melakukan kunjungan kerja itu Bu Risma juga sempat melakukan semacam sidak penyaluran bansos langsung kepada seorang janda lansia di Desa Melis, Kecamatan Gandusari.

Dalam perjalanannya dari Desa Sawahan Kecamatan Watulimo ke pendopo Kabupaten Trenggalek, Mensos Tri Rismaharini mendadak berhenti dan mencari rumah keluarga penerima manfaat yang diketahui belum cair bantuan sosialnya.

Mantan wali kota Surabaya yang menjabat dua periode itu kemudian meminta petugas bank mencairkan bansos milik warga di tempat tersebut.

"Ini yang lansia dikasih kesempatan dulu. Penjenengan gadah KTP ne Bu? Dipun beto KTP nipun? Dipendet sodoyo nggih (Kamu ada KTP kan Bu? Dibawa KTP-nya? Dicairkan semua saja ya bantuannya)," katanya.

Bu Risma meminta kepada Himbara dan pemda mempercepat pencairan bansos. Dia meminta Senin besok semua sudah tuntas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News