Kejar Target Vaksinasi, Tito Dorong Kepala Daerah Gunakan Dana BTT dan Bansos

Kejar Target Vaksinasi, Tito Dorong Kepala Daerah Gunakan Dana BTT dan Bansos
Mendagri Tito Karnavian dalam Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi di Ternate, Kamis (23/12). Foto: Kemendagri

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk menggunakan dana Belanja Tidak Terduga (BTT) dan bantuan sosial (bansos) untuk mempercepat vaksinasi Covid-19. 

"Selama itu tidak ada niat buruk untuk merugikan negara, segera manfaatkan bansos dan BTT untuk percepatan vaksinasi," kata Tito pada Rapat Koordinasi Strategi Percepatan Vaksinasi di Ternate, Kamis (23/12). 

Dia menjelaskan Menteri Keuangan Sri Mulyani sudah mengeluarkan aturan, yaitu 8 persen dari Dana Alokasi Umum (DAU) dan Dana Bagi Hasil (DBH) bisa digunakan untuk penanganan pandemi Covid-19. 

"Penambahan anggaran itu nantinya untuk penanganan Covid-19, dukungan vaksinasi, dukungan kelurahan untuk PPKM, insentif tenaga kesehatan, dan belanja kesehatan lainnya serta kegiatan prioritas yang ditetapkan pemerintah," papar mantan Kapolri itu. 

Mendagri Tito Karnavian meminta kepala daerah untuk menggunakan dana BTT dan bansos untuk mempercepat vaksinasi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News