Bu Risma Siapkan Transportasi Air dan Udara Mempercepat Penyaluran Bansos di Kaltara

Bu Risma Siapkan Transportasi Air dan Udara Mempercepat Penyaluran Bansos di Kaltara
Mensos Risma saat memimpin rapat pemadanan data dan evaluasi penyaluran bansos di Kalimantan Utara, Jumat (29/10/2021) Foto: Dokumentasi Humas Kemensos

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini alias Bu Risma memastikan akan menyiapkan biaya transportasi air dan udara untuk menyalurkan bantuan sosial di Kalimantan Utara (Kaltara).

Hal itu dilakukan agar bantuan bisa menjangkau penerima manfaat di semua lokasi di Kaltara tersebut. 

"Seluruh kepala dinas saya minta untuk memerinci daerah mana yang sulit geografisnya. Ajukan ke kami, akan disiapkan anggaran untuk bisa mengantarkan bantuan ke wilayah tersebut. Jadi, tidak ada lagi bicara daerah sulit," kata Bu Risma di Tarakan (29/10). 

Bu Risma mengungkap itu sebagai respons dari laporan yang diterimanya mengenai kendala geografis yang harus dihadapi dalam penyaluran bansos di Kaltara, saat melakukan pemadanan data dan evaluasi penyaluran bansos di Tarakan. 

“Saya akan siapkan anggaran untuk sewa alat transportasi untuk daerah sulit. Kalau perlu, kami sewa pesawat, khususnya untuk daerah yang tidak bisa diakses dengan transportasi darat dan air," ujar Bu Risma. 

Mantan wali kota Surabaya yang menjabat dua periode itu mengaku akan mengarahkan pihak bank dan kepala Dinas Sosial, untuk mengidentifikasi daerah yang sulit, tetapi posisinya berdekatan.

Selanjutnya, Bu Risma juga meminta pihak bank untuk mengirimkan bantuan sekaligus dengan uang tunai di satu titik untuk daerah yang berdekatan tersebut. 

Dia menginstruksikan pembayaran yang tertunda selama tiga bulan dilakukan sekaligus dengan uang tunai termasuk untuk Kota Tarakan. 

Menteri Sosial Tri Rismaharini akan menyiapkan transportasi udara dan air untuk mempercepat penyaluran bansos di Kalimantan Utara.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News