Bu Susi Cerita Soal Kelangkaan Pari Manta dan Whale Shark

Bu Susi Cerita Soal Kelangkaan Pari Manta dan Whale Shark
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto dok Humas KKP

jpnn.com, JAKARTA BARAT - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengenang kisah masa kecilnya. Dia mengatakan bahwa keberadaan pari manta dan whale shark merupakan sebuah tanda bahwa ada banyak ikan di lautan.

Sayangnya, keberadaan pari manta dan whale shark mulai langka saat kapal-kapal asing diizinkan masuk ke perairan Indonesia.

“Saya waktu kecil kalau hiu bintang datang, itu pertanda bahwa ikan-ikan pada datang. Jadi disambut suka cita. Apabila di pinggir tapi tidak mati, biasanya oleh masyarakat didorong ke laut. Namun semakin ke sini, whale shark menjadi komoditi yang bisa dijual,” ungkap Susi di sela-sela pembukaan Symposium Nasional Ke-2 Hiu dan Pari di Jakarta, Rabu (28/3).

Selain itu sambung Susi ternyata ada policy dan kejadian yang kita semua tidak tahu. Di mana pada 2000, salah satu pemerintahan ada yang mengijinkan penangkapan ikan oleh kapal-kapal ikan asing di wilayah Indonesia.

"Kita tuh mulai berpikir, ikan hilang karena kita sendiri. Mungkin juga kita menjadi bagian penurunan sumber daya laut kita, namun ternyata tidak semua benar. Alasan yang paling besar adalah diijinkannya kapal asing masuk,” lanjutnya.

Menurut Susi, dengan diijinkannya kapal asing masuk ke perairan Indonesia secara resmi, akan membuka masifnya kedatangan kapal-kapal asing ilegal yang terbungkus dengan 1-2 kapal legal di wilayah perairan Indonesia.

“Kapal-kapal asing ini membeli, mengkonsensi dan meregisterkan menjadi kapal berbendera Indonesia. Ketamakan dan keserakahan mempengaruhi mereka. Di laut harusnya ada kapal 10 kapal, tapi nyatanya di laut ada 20. Bisa berapa kali lipat jumlahnya hanya dengan satu ijin. Warnanya sama, nomornya juga sama. Kapal-kapal ini ukurannya luar biasa. More than averages dari pada kapal-kapal Indonesia,” terang Susi.

Hal tersebut salah satunya yang menjadi alasan KKP untuk terus memberantas pencurian ikan.(chi/jpnn)


Keberadaan pari manta dan whale shark mulai langka saat kapal-kapal asing diizinkan masuk ke perairan Indonesia.


Redaktur & Reporter : Yessy

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News