Buah Naga Baik untuk Atasi Tekanan Darah?

Buah Naga Baik untuk Atasi Tekanan Darah?
Buah naga. Foto: Dok JawaPos

jpnn.com - Salah satu buah eksotis yang kaya nutrisi dan tumbuh subur di Indonesia adalah buah naga atau dikenal juga sebagai pitaya. Buah yang berasal dari kawasan Amerika Tengah ini memiliki ciri khas memiliki sisik mirip naga, dengan warna isi buah yang bervariasi, seperti putih dan merah.

Selain karena penampilannya, buah naga juga dikenal bermanfaat bagi kesehatan. Salah satunya, konsumsi buah naga bisa mengatasi tekanan darah rendah. Apa benar?

Salah satu manfaat kesehatan buah naga yang telah banyak dipromosikan di pasaran dan media adalah kemampuannya membantu memelihara tekanan darah. Bahkan, ada juga yang mengatakan bahwa buah naga tak hanya baik untuk pemilik tekanan darah tinggi, tapi juga tekanan darah rendah.

Tekanan darah tinggi vs tekanan darah rendah

Tekanan darah rendah (hipotensi) adalah kondisi tekanan darah seseorang terukur di bawah 90/60 mmHg. Kondisi ini sering kali tidak menunjukkan gejala. Padahal, saat tekanan darah terlampau rendah, terdapat gangguan pengaliran oksigen ke seluruh tubuh akibat pompa jantung yang tidak memadai.

Kurangnya pasokan oksigen menempatkan tubuh pada risiko terjadinya gangguan fungsi organ meski dalam kadar yang minimal. Kondisi hipotensi yang buruk dan tidak teratasi juga dapat berakibat fatal, mulai dari penurunan kesadaran hingga kematian.

Sementara itu, tekanan darah tinggi adalah saat tekanan darah seseorang terukur di atas 140/90 mmHg. Tentunya, tekanan darah ini sebaiknya diukur lebih dari satu kali dalam kondisi yang terstandar, sehingga pengukuran yang dihasilkan akurat dan diagnosis hipertensi dapat diberikan dengan tepat.

Tak jauh berbeda dengan tekanan darah rendah, kondisi tekanan darah yang tinggi (hipertensi) juga bisa menyebabkan gangguan jantung. Bedanya, pada kondisi tekanan darah tinggi, jantung harus memompa lebih keras agar darah dapat dialirkan ke seluruh tubuh. Dengan demikian, keadaan ini dapat mengakibatkan pembengkakan jantung atau gangguan arus balik sirkulasi.

Flavonoid pada buah naga yang merupakan antioksidan juga akan membantu tubuh melawan agen radikal bebas seperti yang berasal dari makanan hingga polusi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News