Buah Nangka Bisa Sebabkan Keguguran?

Buah Nangka Bisa Sebabkan Keguguran?
Buah Nangka. Foto: Stuart

jpnn.com - Buah nangka disebut-sebut bisa menyebabkan ibu hamil keguguran. Benarkah?

Berdasarkan situs kesehatan Baby Center, buah nangka tidak berpotensi menyebabkan keguguran. Jadi, Anda tak perlu cemas saat terlanjur mengonsumsinya. 

Buah nangka sebagai sumber vitamin A sangat berguna untuk membantu produksi sel, membuat penglihatan bayi lebih baik, serta mendukung perkembangan janin selama kehamilan.

Selain itu, zat niacin (vitamin B3) di dalamnya juga membantu mengatur hormon, meningkatkan kekebalan, dan mengontrol tingkat stres.

Menurut dr Nitish Basant Adnani BMedsc dari KlikDokter, hingga kini memang belum ada penelitian ilmiah yang menyebutkan dampak dari mengonsumsi buah nangka pada ibu hamil. Meski begitu, cara terbaik untuk menjaga kehamilan tetap sehat adalah dengan menghindarinya.

“Buah nangka mengandung gas, glukosa, kolesterol, dan alokohol. Berbagai kandungan tersebut dapat membuat Ibu hamil merasa kembung, sehingga dapat memicu kontraksi, terutama pada trimester pertama. Jika Anda ingin mengonsumsinya saat hamil, sebaiknya dibatasi dan konsumsilan setelah makan,” jelasnya.

Selain makan buah nangka, dr. Alvin Nursalim menjelaskan kepada KlikDokter, ibu hamil harus selalu memperhatikan asupan makanan.

“Konsumsi makanan yang kaya akan gizi seperti ikan, daging, dan telur sebagai sumber protein dapat meningkatkan kesehatan kehamilan. Untuk pilihan buah lain yang bisa dikonsumsi saat hamil adalah jeruk, apel, dan pepaya,” ujar dr. Alvin.

Buah nangka mengandung gas, glukosa, kolesterol, dan alokohol. Berbagai kandungan tersebut dapat membuat Ibu hamil merasa kembung.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News