8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil

8 Jenis Makanan yang Harus Dihindari Ibu Hamil
Ibu hamil alias bumil. Foto: Alamy

jpnn.com - Walau makanan pedas boleh dikonsumsi oleh ibu hamil, tetap ada beberapa makanan yang harus dihindari. Dalam hal ini, saat hamil Anda harus tahu apa saja makanan yang tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan.

Pasalnya, jika mengonsumsi makanan yang tidak baik, nutrisi yang dibutuhkan bayi malah tidak tercukupi. Bahkan, bisa jadi makanan itu mengancam keselamatan janin.

Berikut ini makanan yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil:

1. Hindari makanan laut yang tinggi merkuri

Makanan laut dapat menjadi sumber protein dan omega-3 yang baik bagi ibu hamil. Kedua nutrisi itu bisa didapat lewat ikan untuk mendukung perkembangan otak dan mata janin.

Namun, beberapa ikan dan kerang mengandung kadar merkuri yang berbahaya bila dikonsumsi. Sebab, terlalu banyak merkuri juga dapat membahayakan perkembangan sistem saraf bayi Anda.

The Food and Drug Administration (FDA) mendorong wanita hamil untuk menghindari beberapa jenis ikan laut dalam yang disinyalir mengandung kadar merkuri tinggi. Beberapa di antaranya adalah ikan todak, makarell, hiu, dan tilefish.

Sementara itu, Dietary Guidelines for Americans merekomendasikan dua atau tiga porsi makanan laut dalam seminggu untuk wanita hamil dan yang diperbolehkan adalah udang, teri, ikan kod, ikan pollock, nila, dan tuna.

Pasalnya, jika mengonsumsi makanan yang tidak baik, nutrisi yang dibutuhkan bayi malah tidak tercukupi. Bahkan, bisa jadi mengancam keselamatan janin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News