Bolehkan Ibu Hamil Makan Pedas?

Bolehkan Ibu Hamil Makan Pedas?
Ilustrasi logo seseorang hamil. Foto: Antara

jpnn.com - Di masa kehamilan, makanan adalah salah satu elemen penting yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil. Konsumsi menu seimbang dan bergizi menjadi sesuatu yang wajib dipenuhi agar janin berkembang dengan baik.

Namun, sebagian ibu hamil masih menginginkan makanan tertentu, termasuk makanan pedas.

Pada dasarnya, nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil merupakan nutrisi yang sehat dan seimbang serta tidak dikonsumsi secara berlebihan, sama seperti yang dianjurkan untuk semua orang.

Bedanya, wanita yang sedang hamil memerlukan perhatian ekstra. Selain itu, ada beberapa makanan yang sebaiknya dihindari.

Makanan pedas dan ibu hamil

Saat hamil, keselamatan janin menjadi perhatian utama. Itulah sebabnya asupan makanan ke dalam tubuh harus dikontrol dengan baik.

Menurut dr. Atika dari KlikDokter, makanan pedas sebenarnya tidak menjadi pantangan bagi ibu hamil. Akan tetapi, jangan sampai makanan pedas mengganggu kebutuhan asupan makanan lainnya.

"Makanan pedas boleh-boleh saja dikonsumsi saat hamil, sebab tidak memiliki efek samping yang buruk untuk ibu hamil. Tetapi bila ibu hamil memiliki riwayat gangguan lambung seperti sakit mag atau dispepsia, makanan pedas sebaiknya dikurangi karena dapat menimbulkan gejala perih dan ketidaknyamanan di lambung," ujar dr. Atika.

Sebagian ibu hamil terkadang masih menginginkan makanan tertentu, termasuk makanan pedas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News