Buat Zona Khusus Wisatawan di Pelabuhan

Buat Zona Khusus Wisatawan di Pelabuhan
Para wisatawan berfoto bersama dengan memanfaatkan pemandangan indah di Pelabuhan Sunda Kelapa. FOTO: Thomas Kukuh/ JPNN

jpnn.com - PENJARINGAN - Sebagai salah satu 12 destinasi wisata pesisir Jakarta Utara, Pelabuhan Sunda Kelapa terus berbenah. Rencananya, otoritas pengelola bersejarah di Jakarta itu akan membuat zona-zona khusus untuk wisatawan. 

Kepala Humas Sunda Kelapa Heritage (SKH) Muslimin menjelaskan, rencana pembuatan zona khsus wisatawan. Saat ini, semua wisatawanyang berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa bisa masuk pelabuhan tanpa pengawasan. Mereka bahkan bisa masuk ke area bongkar muat barang. 

Meski menarik untuk dilihat, tidak adanya peralatan penjamin keselamatan wisatawan di lokasi tersebut dianggap berbahaya. "Rencana itu (pembuatan zona khusus wisatawan) sedang dibahas. Memang penting, karena kalau terlalu bebas juga siapa yang bertanggung jawab jika terjadi kecelakaan yang melibatkan wisatawan," kata Muslimin. 

Data yang dimiliki SKH, setiap hari lebih dari 100 wisatawan berkunjung ke Sunda Kelapa. Sebagian besar di antara mereka adalah wisatawan asing yang tertarik dengan sejarah pelabuhan tersebut. 

Muslimin mengatakan, rencana pembuatan zona khusus itu akan sangat membantu para wisatawan. Selain dijamin keamanannya, mereka juga mendapatkan informasi yang lebih banyak soal Pelabuhan Sunda Kelapa. "Kalau sekarang mereka kan bisa masuk lewat mana saja. Pintu masuk kontainer dan pintu masuk wisatawan sama," kata dia. 

Meski begitu, dia menjamin pembuatan zona khusus tidak akan mengubah daya tarik Pelabuhan Sunda Kelapa. (syn/hen/mas) 


PENJARINGAN - Sebagai salah satu 12 destinasi wisata pesisir Jakarta Utara, Pelabuhan Sunda Kelapa terus berbenah. Rencananya, otoritas pengelola


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News