Buaya Raksasa, Panjangnya Lima Meter, Lihat nih Fotonya…

Buaya Raksasa, Panjangnya Lima Meter, Lihat nih Fotonya…
Warga berupaya menaikkan buaya raksasa yang ditangkap dua orang pedagang keliling dari sungai langkai, Jumat (26/5). F. Dalil Harahap/Batam Pos/jpg

jpnn.com, BATAM - Doni Efendi, 31, dan Erwin, 42, warga Seilangkai, Sagulung, Batam, Kepulauan Riau, ini tergolong nekat.

Pasalnya, mereka berhasil menahlukkan seekor buaya liar berukuran besar dari pinggir sungai Seilangkai, Sagulung, Kamis (25/5) malam sekitar pukul 21.00 WIB.

Penangkapan buaya sepanjang 5 meter itu mengegerkan warga setempat. Ratusan warga berbondong-bondong ke lokasi lahan reklamasi dekat sungai yang dijadikan tempat evakuasi buaya tersebut

"Besar kali ya. Baru kali ini lihat buaya sebesar ini," ujar Pandi, seorang warga seperti dikutip dari Batam Pos (Jawa Pos Group) hari ini.

Doni dan Erwin mengungkapkan, penangkapan buaya itu bermula dari perjalanan pulang mereka setelah seharian berjualan barang perlengkapan rumah tangga ke pulau-pulau terdekat di sekitar Sagulung. Keduanya memang menggunakan sebuah pancung boat untuk berdagang keliling pulau tersebut.

Saat memasuki alur sungai Seilangkai keduanya dikejutkan dengan munculnya seekor buaya di pinggir sungai tempat mereka melintas. "Sekitar pukul 16.00 WIB (Kamis sore) pertamakali kami lihat. Itu kira-kira jaraknya sekitar satu kilo dari pesisir pantai," kata Doni.

Melihat itu, Doni dan Erwin tak langsung mendekat. Keduanya sempat dilanda perasaan takut dan was-was. "Lama kami berpikir, tapi karena ingat risikonya besar jika buaya itu dibiarkan. Takut makan korban, kami akhirnya beranikan diri untuk mendekat," ujar Doni.

Saat didekati sambung Doni, buaya tersebut hanya diam saja. Keduanya lantas mencari perlengkapan seadanya seperti kayu bercabang, tali dan karung bekas untuk menangkap buaya tersebut. "Susah kali mau nangkapnya. Saat kami tekan kepalanya pakai kayu, berontak dia. Sampai pukul 21.00. WIB baru bisa kami ikat kepala dan badanya," ujar Doni.

Doni Efendi, 31, dan Erwin, 42, warga Seilangkai, Sagulung, Batam, Kepulauan Riau, ini tergolong nekat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News