Buaya Sergap Umpan Pancing Milik Warga

 Buaya Sergap Umpan Pancing Milik Warga
Petugas kepolisian dan BKSDA ketika hendak mengevakuasi buaya yang berhasil ditangkap warga di Sungai Mentaya, Desa Bangkuang Selasa (19/6) dini hari. Foto: Edy/Kalteng Pos/JPNN.com

jpnn.com, KOTAWARINGIN TIMUR - Peristiwa buaya melahap umpan pancing warga menghebohkan Desa Bangkuang, Kecamatan Mentawa Baru Ketapang, Kotawaringin Timur, Kalteng, Selasa (19/6) dini hari. Buaya cukup besar, panjang sekitar 1,5 meter.

BAHTIAR, Sampit

PREDATOR Sungai Mentaya tersebut diketahui memangsa umpan pancing berupa ikan haruan, yang sengaja dipasang Yuliadi. Pria 36 tahun tersebut memang sengaja memasang ikan haruan sebagai umpan, karena sudah menyadari kehadiran buaya jantan tersebut.

Kecurigaan Yuliadin berawal ketika buaya tersebut sempat menampakkan diri sekitar 10 meter dari pancing yang dipasangnya dengan umpan ikan sepat.

Namun sekitar pukul 20.30 WIB, pancing dengan tali nilon dan kail biasa yang dipasang di belakang rumahnya itu malah hilang.

"Saya ganti pancing dengan tali dan kail dengan lebih besar. Begitu juga dengan umpannya, saya pasang ikan haruan," ungkap Yuliadi.

Agar pancing yang sudah dimodifikasi itu tidak hilang atau gagal menangkap sang buaya, Yuliadin mengikat enam kail pancing. Alhasil, umpan banjur itu benar-benar diterkam buaya. "Saya pasang enam mata pancing, hanya dua yang dimakan," ujarnya.

Malam itu, Yuliadin tak berani seorang diri mengamankan buaya yang tertangkap. Dia lantas mengajak ayah mertuanya, Basri (50) untuk mengangkat pancing tersebut.

Seekor buaya ukuran lumayan besar di Sungai Mentaya melahap umpan pancing milik warga, akhirnya ditangkap.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News