Budaya Antikorupsi Makin Membaik, Pengamat: Hasil Kerja Sistemik KPK Era Firli

Budaya Antikorupsi Makin Membaik, Pengamat: Hasil Kerja Sistemik KPK Era Firli
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto: ANTARA/Fikri Yusuf

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indonesia Justice Watch (IJW) Akbar Hidayatullah mengatakan kinerja KPK era kepemimpinan Firli Bahuri menunjukkan hasil meyakinkan dalam upaya membangun budaya antikorupsi. KPK makin solid dalam memberantas korupsi.

“Dulu, KPK diragulan bakal ada OTT (operasi tangkap tangan), namun masih ada. Apa yang dicapai Pak Firli terus dilanjutkan,” kata Akbar, Jumat (12/8).

Praktisi hukum ini mengatakan melalui berbagai program yang dijalankan KPK, ia menyebut masyarakat kini semakin sadar serta anti terhadap korupsi.

‘Salah satu indikatornya nilai IPAK (indeks perilaku antikorupsi) yang dirilis BPS. Sejak 2019 sampai 2022 konsisten naik, dan ini tidak pernah terjadi di era sebelumnya,” ujar Akbar.

Menurut Akbar, sejak Firli Cs menakhodai KPK, strategi pemberantasan korupsi terlihat komprehensif dan sistemik.

KPK, lanjutnya, tidak hanya fokus pada upaya penindakan melainkan juga pendidikan dan pencegahan yang dilakukan secara terstruktur, masif, dan sistematis.

“Ada puluhan ribu pendidikan formal yang sudah mengimplementasikan pendidikan antikorupsi, tahun ini saya dengar ditargetkan tidak kurang 53 ribu," ungkap Firli.

Di luar itu, dia juga menilai KPK gencar melakukan sosialisasi dan kampanye antikorupsi. Tahun lalu KPK diketahui melakukan sosialisasi terhadap target 16 juta masyarakat yang teredukasi. Sedangkan tahun ini sebanyak 20 juta warga yang jadi target sosialisasi.

Akbar Hidayatullah mengatakan kinerja KPK era kepemimpinan Firli Bahuri menunjukkan hasil meyakinkan dalam upaya membangun budaya antikorupsi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News