Budi Gunadi Beber 3 Strategi Peralihan Pandemi Jadi Endemi

Budi Gunadi Beber 3 Strategi Peralihan Pandemi Jadi Endemi
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin membeberkan strategi peralihan pandemi jadi endemi. Foto: Tangkapan Layar Youtube Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Menkes Budi Gunadi Sadikin menyatakan pemerintah sedang mengatur strategi peralihan pandemi Covid-19 menjadi endemi.

“Kami sedang siapkan hal ini, oleh karena itu kami perlu mempersiapkan dari hulunya, yaitu perubahan perilaku, deteksi dini, dan vaksinasi,” ungkap Budi Gunadi.

Budi Gunadi menjelaskan ketiga hal ini tidak bisa dijalankan sendiri, karena jika hanya satu dijalankan, maka kasus kita bisa kembali naik.

Dia pun menegaskan semua akan dilakukan secara bertahap dan terukur. Budi Gunadi juga meminta bantuan dari masyarakat untuk tetap disiplin soal protokol kesehatan.

"Salah satu kunci utama keberhasilan Indonesia melewati pandemi Covid-19," tegasnya.

Budi menambahkan perlu diketahui, bahwa hingga sekarang varian Delta dari Covid-19 masih menjadi varian paling umum di dunia dan menyebabkan angka kematian paling cepat.

Untuk itu, lanjut dia, kewaspadaan dari masyarakat juga diharapkan oleh pemerintah.

Kendati demikian, Budi Gunadi menilai Indonesia masih menjadi salah satu yang paling cepat dalam penyelesaian Varian Delta dari Covid-19.

Menkes Budi Gunadi Sadikit menyatakan pemerintah terus mengatur strategi dalam persiapan pandemi menjadi endemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News