JPNN.com

Budi Karya: Memerangi Hoaks Tidak Bisa Sendirian

Kamis, 12 September 2019 – 03:44 WIB Budi Karya: Memerangi Hoaks Tidak Bisa Sendirian - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mengatakan, memerangi hoaks tidak bisa dilakukan sendirian.

Oleh karena itu, dia kembali mengajak semua pihak untuk bersama memerangi berita bohong atau hoaks yang makin marak di Indonesia.

Menurut dia, diperlukan kerja sama untuk meluruskan atau menghapus konten-konten yang bisa dipastikan merupakan berita bohong.

Budi menambahkan, hoaks juga harus bisa dilihat secara posistif.

“Karena itu, sekitar 500 orang kami ajak agar satu persepsi tentang Indonesia dan kami sudah bekerja banyak. Kami harus upayakan menciptakan kebanggaan baru sebagai insan transportasi, sebagai orang Indonesia,” katanya dalam seminar dan diskusi insan transportasi dengan tema Melawan Hoax atau Berkawan dengan Hoax di Jakarta, Rabu (11/09).

Dia menambahkan, masyarakat harus menyaring informasi yang didapat terlebih dahulu dan menyebar pesan yang dianggap punya efek buruk.

Apalagi, penyebar hoaks bisa dijerat dengan pidana penjara selama enam tahun dan denda Rp 6 miliar berdasarkan UU ITE.

“Hoax harus ada persepsi yang sama. Karena itu, kami undang dari Papua, Aceh, juga untuk menjelaskan bahwa hoaks sudah menjadi cara orang untuk menjatuhkan orang lainnya,” imbuhnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...