Budi Muliawan: Generasi Z Penting Memiliki Prinsip Nilai-Nilai Pancasila, Konstitusi, dan Sikap Antikorupsi

Festival Konstitusi dan Antikorupsi 2022

Budi Muliawan: Generasi Z Penting Memiliki Prinsip Nilai-Nilai Pancasila, Konstitusi, dan Sikap Antikorupsi
Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Setjen MPR, Budi Muliawan, SH, MH, saat menjadi narasumber “Bincang Sore” di Kampus Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (11/11/2022). Bincang Sorebini merupakan salah satu kegiatan dalam Festival Konstitusi dan Antikorupsi yang digelar di Untan pada 11-13 November 2022. Foto: MPR

jpnn.com - PONTIANAK – Sebagai bangsa yang besar dengan jumlah penduduk 274 juta jiwa, Indonesia menghadapi tantangan untuk mewujudkan visi Indonesia Emas pada tahun 2045.

Para mahasiswa, generasi muda, dan generasi Z, yang akan menjadi pemimpin bangsa pada masa itu perlu menyadari tantangan-tantangan tersebut.

Menghadapi tantangan itu, Kepala Bagian Pemberitaan dan Hubungan Antarlembaga Setjen MPR, Budi Muliawan, SH, MH, mengingatkan pentingnya generasi Z memiliki prinsip nilai-nilai Pancasila, konstitusi, dan sikap antikorupsi.

“Untuk itulah MPR mempunyai visi sebagai rumah kebangsaan pengawal ideologi Pancasila dan kedaulatan rakyat. MPR tidak pernah berhenti mensosialisasikan Pancasila, konstitusi, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Nilai-nilai Pancasila dan konstitusi tidak hanya dibaca dan dihafalkan, tetapi perlu dipahami dan dihayati, serta diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” ujar Budi Muliawan saat menjadi narasumber “Bincang Sore” di Kampus Universitas Tanjungpura (Untan), Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (11/11/2022).

“Bincang Sore” ini merupakan salah satu kegiatan dalam Festival Konstitusi dan Antikorupsi yang digelar di Untan pada 11-13 November 2022. Dalam diskusi dengan moderator Budi Prasetyo ini turut berbicara Juru Bicara MK Fajar Laksono dan Juru Bicara KPK Ipi Maryati.

Menurut Budi Muliawan, generasi muda atau generasi Z harus punya kebanggaan karena memiliki Pancasila.

Sebab, dengan Pancasila, Indonesia dengan segala keragamannya bisa bertahan sampai saat ini.

“NKRI bisa selamat sampai hari ini dan masih berdiri tegak karena Pancasila,” ujarnya.

Menurut Budi Muliawan, generasi muda atau generasi Z harus punya kebanggaan karena memiliki Pancasila.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News