Budikdamber, Terobosan Baru Membantu Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19

Budikdamber, Terobosan Baru Membantu Perekonomian di Masa Pandemi Covid-19
Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru menyatakan, budidaya ikan dalam ember atau Budikdamber merupakan terobosan baru yang bertujuan untuk membantu perekonomian di masa pandemi COVID-19.

jpnn.com, AMBON - Pemerintah Kota Ambon, Maluku, tengah mendorong budikdamber atau budi daya ikan dalam ember. Budikdamber belakangan populer di masyarakat karena tidak membutuhkan lahan yang luas untuk membuat kolam.

Sekretaris Kota Ambon Anthony Gustaf Latuheru menyatakan budikdamber merupakan terobosan baru yang bertujuan untuk membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19.

"Biasanya ikan dibudidaya di kolam atau empang, tetapi sekarang ini dengan adanya pengetahuan baru budi daya ikan bisa dilakukan dengan menggunakan ember," katanya saat kegiatan penebaran benih ikan lele di kelurahan Batu Gajah, Ambon, Rabu (10/2).

Ia menjelaskan apa yang dilakukan Dinas Perikanan dengan pemberian bantuan sarana prasarana budidakmber kepada masyarakat merupakan upaya membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19.

"Masyarakat kelurahan Batu Gajah ini menjadi yang pertama melakukan budikdamber. Harapan saya dengan adanya kegiatan ini, akan memunculkan kelompok budikdamber lainnya di Ambon," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Perikanan Kota Ambon Feby Maail menjelaskan tidak semua jenis ikan dapat dibudidayakan di dalam ember.

Hanya ikan yang tahan oksigen rendah, seperti lele, patin, gabus, dan gurame.

Walau terlihat sederhana dan tidak membutuhkan tempat yang luas, perlu ketekunan dalam mengerjakan budikdamber agar hasil panennya berkualitas.

Budikdamber tengah populer di masyarakat. Budikdamber dianggap menjadi sebuah terobosan baru membantu perekonomian di masa pandemi Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News