Dengan Budikdamber, Sandiaga Uno Ajak Warga Peduli Lingkungan Sejak Dini

Dengan Budikdamber, Sandiaga Uno Ajak Warga Peduli Lingkungan Sejak Dini
Sandiaga Uno saat membagikan budikdamber. Foto: Dok RIB Lawan Covid-19

jpnn.com, JAKARTA - Kelompok Tani Hutan Rumah Kaum Jayakarta yang ada di Pulogadung, Jakarta Timur, belakangan ini merambah kegiatan pertanian dan perikanan untuk menarik minat warga agar lebih peduli lingkungan.

Salah satu anggota kelompok tani, bernama Didi Suprijadi mengatakan, dengan memanfaatkan lahan tidur di bantaran Kali Sunter, mereka mulai melakukan budidaya aneka sayuran, perikanan, maupun tanaman obat keluarga.

"Kami kelola secara swadaya, hasilnya kami berikan gratis untuk warga yang membutuhkan," kata Didi kepada wartawan, Selasa (17/11).

Upaya melestarikan lingkungan, bagi Didi bukan tanpa hambatan, keterbatasan modal dan minimnya sarana yang dimiliki masih jauh dari cukup untuk memenuhi kebutuhan pangan kelompok maupun untuk warga sekitar.

Didi berharap, kegiatan yang dilakukan ini dapat memberikan manfaat kepada masyarakat yang daya belinya menurun akibat dampak Covid-19.

"Kami coba semampunya walaupun gerak perlahan untuk pengelolaannya," tutur Didi.

Mendukung program tersebut, Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 berinisiatif menyokong kegiatan pemberdayaan masyarakat dengan memberikan 100 unit budikdamber, 10.000 ekor bibit lele, 9 indukan lele jenis Sangkuriang, 400 kilogram pakan, 5 kilogram bibit kangkung, dan 5 kilogram bibit bayam.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Sandiaga Uno mengatakan, gagasan urban farming dengan konsep ekosistem terpadu budi daya ikan yang terintegrasi dengan sistem produksi sayuran merupakan inovasi yang memberikan dampak besar bagi keberlangsungan hidup.

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Sandiaga Uno mendukung langkah Kelompok Tani Hutan Rumah Kaum Jayakarta yang ada di Pulogadung, Jakarta Timur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News