Sandiaga Uno Dukung Pemberdayaan Kampung Budikdamber ala Warga Rusun Pengadegan

Sandiaga Uno Dukung Pemberdayaan Kampung Budikdamber ala Warga Rusun Pengadegan
Sandiaga Uno saat berada di Rusunawa Pengadegan, Jakarta Selatan. Foto: Dok Humas RIB Lawan Covid-19

jpnn.com, JAKARTA - Relawan Indonesia Bersatu (RIB) Lawan Covid-19 melakukan berbagai upaya untuk membantu perekonomian nasional. Khususnya yang memberikan dampak langsung kepada warga yang kesusahan selama pandemi.

Salah satunya yakni melakukan inovasi pertanian seperti menggunakan sistem budi daya sayuran dan ikan dalam ember atau aquaponik budikdamber.

RIB Lawan Covid-19 yang dipimpin Sandiaga Uno pun kerja sama dengan Kelompok Tani Hidrofresh 2 Rusunawa Pengadegan, Jakarta Selatan, menyulap ruang sempit menjadi lahan hijau produktif dengan menanami tanaman pakcoy, kangkung, bayam, dan seledri serta budi daya ikan.

Menerapkan sistem urban farming, 26 anggota kelompok tani ini mencoba memenuhi kebutuhan pangan mandiri kala dampak Covid-19 yang menghantam perekonomian mereka.

RIB berinisiatif menyokong kegiatan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan warga Rusunawa Pengadegan.

Ketua RIB Lawan Covid-18 Sandiaga Uno mengaku banyak mendengar keluhan dari warga karena sudah mengurangi pengeluaran rumah tangga akibat dampak pandemi.

Bahkan, kata dia, banyak warga yang kehilangan pekerjaan atau jam kerjanya.

“Mereka itu sebagian enggak bisa bayar cicilan, mereka kesulitan menghadapi biaya-biaya lainnya,” kata Sandi di Rusunawa Pengadegan, Jumat (13/11).

Ketua Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-18 Sandiaga Uno banyak mendengar keluhan dari warga karena sudah mengurangi pengeluaran rumah tangga akibat pandemi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News