Buka Kongres II Himperra, Ketua MPR Bamsoet Dorong Pemerataan Pembangunan Rumah Rakyat

Buka Kongres II Himperra, Ketua MPR Bamsoet Dorong Pemerataan Pembangunan Rumah Rakyat
Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet saat menyampaikan sambutan secara virtual dalam Kongres II Himperra di Jakarta, Rabu (7/12). Foto: Dokumentasi Humas MPR RI

jpnn.com, JAKARTA - Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mendorong pemerataan pembangunan rumah rakyat.

Hal itu disampaikan Bamsoet yang akrab disapa saat membuka Kongres II Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) di Jakarta, Rabu (6/12).

Pada kesempatan itu, dia menilai para pengembang perumahan yang menjalankan usahanya secara bijak patut dianggap sebagai 'pahlawan rumah rakyat'.

Hal ini mengingat pemerintah dengan komitmennya untuk merumahkan rakyatnya, khususnya masyarakat berpenghasilan rendah, memerlukan dukungan dari pengembang, termasuk dari Himperra.

Peran aktif asosiasi pengembang, swasta, serta perbankan sangat penting, mengingat dana APBN untuk perumahan sangat terbatas sehingga belum mampu menyelesaikan seluruh kebutuhan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah.

Terlebih backlog (kekurangan pemenuhan kebutuhan) perumahan yang terus bertambah setiap tahunnya.

"Tahun ini, backlog perumahan mencapai 12,7 juta rumah," kata Bamsoet dalam sambutan virtual dalam Kongres II Himperra di Jakarta, Rabu (7/12).

Padahal, kata Bamsoet, Pasal 28H Ayat 1 UUD 1945 mengamanatkan setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat.

Ketua MPR Bambang Soesatyo alias Bamsoet menyampaikan hal saat membuka Kongres II Himperra di Jakarta pada Rabu (6/12)

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News