Buka Kuala Lumpur Summit, Mahathir: Islam Telah Disamakan dengan Terorisme

Buka Kuala Lumpur Summit, Mahathir: Islam Telah Disamakan dengan Terorisme
Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamaddi Istana Bogor, Jawa Barat, Jumat (29/6). Foto: M Fathra Nazrul/JPNN.Com

jpnn.com, KUALA LUMPUR - Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad membuka forum Kuala Lumpur Summit 2019 dengan mengeluhkan persepsi dunia terhadap Islam dan muslim.

Diungkapkan oleh Mahathir di Plenary Hall, Kuala Lumpur Convention Centre (KLCC), Kamis siang (19/12), jika menilai situasi saat ini, baik muslim dan Islam sendiri telah menjadi subjek dari banyak fitnah.

"Agama kita menjadi subjek banyak fitnah. Muslim dan Islam telah disamakan dengan terorisme. Negara-negara muslim dituduh otoritarian," ujar Mahathir, seraya menambahkan tidak ada satu pun negara muslim yang diklasifikasikan sebagai negara maju terlepas seberapa kaya mereka.

Meski demikian, lanjut Mahathir, negara muslim tidak dapat menyangkal fakta bahwa memang di beberapa negara terjadi konflik maupun perang saudara.

Negara muslim juga tidak dapat menyangkal fakta bahwa mereka memiliki ketergantungan yang besar terhadap negara-negara nonmuslim.

"Ada suatu masa ketika umat Islam diakui untuk peradaban maju mereka. Tetapi tidak sekarang. Hari ini kita telah kehilangan rasa hormat dari dunia," tegas Mahathir.

Menurutnya, negara muslim sudah tidak lagi menjadi sumber pengetahuan dan peradaban. Tepatnya sejak abad ke-18 hingga pertengahan 2000-an, semua didominasi oleh kekuatan Eropa. Walaupun Al-Qur'an memerintahkan muslim untuk melindungi umat.

"Memang, sebagaian dari kita mengalami kemunduran hingga sekali lagi menjadi tergantung pada mantan tuan kolonial kita," tambah Mahathir. (rmol/jpnn)

Perdana Menteri Malaysia Mahathir Mohamad membuka forum Kuala Lumpur Summit 2019 dengan mengeluhkan persepsi dunia terhadap Islam dan muslim.


Redaktur & Reporter : Adil

Sumber RMOL.co

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News