Buka MTQ Nasional, Jokowi Minta Umat Islam di Indonesia Selalu Berkata Baik

Buka MTQ Nasional, Jokowi Minta Umat Islam di Indonesia Selalu Berkata Baik
Logo resmi MTQ 2020. Foto: birohumassumbarprov

jpnn.com, JAKARTA - Musabaqah Tilawatil Quran atau MTQ Nasional XXVII/2020 Sumatera Barat resmi dibuka, secara virtual oleh Presiden Jokowi, Sabtu (14/11) malam.

MTQ dibuka di Stadion Utama Sumatera Barat, Sikabu, Lubuak Aluang, Padang Pariaman.

Pada MTQN XXVIII kali ini dibagi kepada 13 venue (lokasi), yakni Masjid Raya Sumbar, Masjid Al Hakim, Masjid Baiturrahmah, Masjid Darul Hujjaj Asrama Haji, Aula Mansur UIN, Auditorium UNP, FMIPA UNP, Hospitality UNP, FKM Unand, Gedung Rohana Kudus dan Masjid Nurul Iman.

Dalam sambutannya, Jokowi menyebut, penyelenggaraan MTQ merupakan wujud keinginan kuat untuk membumikan ajaran Al-Qur'an serta menegakkan syiar Islam untuk memperkukuh nilai-nilai agama dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dan berbangsa.

"Bagi kaum muslimin, Al-Qur'an merupakan sumber petunjuk dan pedoman hidup yang aktual sepanjang masa berisi nilai-nilai luhur universal yang sejalan dengan fitrah manusia yang hanif. Alquran mengajak semua manusia untuk bekerja sama dalam ketakwaan dan kebaikan," ujar Jokowi. 

Dalam mengamalkan ajaran Al-Qur'an, sudah sepatutnya umat Islam meneladan pribadi Nabi Muhammad SAW.

Yakni kepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Alquran, menebarkan kasih sayang, dan menjauhkan diri dari perkataan serta perbuatan yang menyakiti sesama.

Dalam MTQ ini akan tampil qari-qariah, hafiz-hafizah dan mufassir-mufassirah terbaik dari seluruh Indonesia.

Presiden Jokowi meminta masyarakat berkepribadian dengan kemuliaan akhlak yang bersumber dari Al-Qur'an.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News