Buka Program PKW Tenun Ikat di NTT, Wury Ma’ruf Amin Berpesan Begini

Buka Program PKW Tenun Ikat di NTT, Wury Ma’ruf Amin Berpesan Begini
Peresmian pembukaan Program PKW Tekun Tenun Indonesia. Foto dok Dekranas

jpnn.com, NUSA TENGGARA TIMUR - Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin membuka program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tenun Ikat di Nusa Tenggara Timur di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) pada Minggu, (17/10).

Acara ini dihadiri oleh para pengurus Dekranas, Sekjen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Ketua Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur dan beberapa Ketua Dekranasda Kabupaten/Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Timur, serta pejabat pemerintah daerah Provinsi Nusa Tenggara Timur.    

Kegiatan Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) ini diselenggarakan secara luring dan diikuti oleh 1.000 orang peserta yang berasal dari 18 Kabupaten/Kota se-Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Adapun para peserta PKW diutamakan adalah mereka yang tidak sekolah atau yang telah lulus sekolah, namun tidak melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, berusia 15-25 tahun.

Selain itu juga diutamakan adalah warga masyarakat yang belum memiliki pekerjaan.

Pelaksanaan kegiatan ini mencakup pendidikan teori paling banyak 40% dan praktek keterampilan paling sedikit 60%. 

Kegiatan PKW di Provinsi Nusa Tenggara Timur ini merupakan wujud kemitraan antara Dekranas dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi dan Dekranasda Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai salah satu Kementerian pendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia turut mendukung adanya program PKW dalam menciptakan wirausaha baru berbasis komoditi tenun dan meningkatkan kecakapan wirausaha generasi muda Nusa Tenggara Timur dalam pelestarian tenun ikat.

Ketua Umum Dekranas Wury Ma’ruf Amin membuka program Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tenun Ikat di Nusa Tenggara Timur di Gedung Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News