Buka Puasa Bareng Jokowi, Airlangga Beber Keinginan Golkar Dapat Jabatan Ketua MPR

Buka Puasa Bareng Jokowi, Airlangga Beber Keinginan Golkar Dapat Jabatan Ketua MPR
Presiden Joko Widodo dan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto usai buka puasa bersama di Hotel Sultan Jakarta, Minggu (19/5). Foto: DPP Golkar for JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menyatakan keinginannya secara terang-terangan agar kader partainya menempati posisi ketua MPR periode 2019-2024. Airlangga menyampaikan hal itu di depan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden Jusuf Kalla pada acara buka puasa bersama Partai Golkar di Jakarta, Minggu (19/5).

Airlangga yang juga menteri perindustrian di Kabinet Kerja mengatakan, undang-undang telah mengatur partai pemilik kursi terbanyak di DPR berhak atas jabatan ketua parlemen. Mengacu pada rekapitulasi sementara atas hasil Pemilu 2019, maka besar kemungkinan kursi ketua DPR akan menjadi jatah bagi PDIP.

Baca juga:

Mungkin Mbak Puan Calon Ketua DPR, tetapi Masih Fokus sebagai Menko PMK

Baca juga: Jokowi Anggap Wajar Posisi Ketua MPR dari Golkar

Sementara pengisian posisi ketua MPR akan menggunakan sistem paket. Menurut Airlangga, sejauh ini Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar juga berminat atas kursi ketua MPR.

Namun, Golkar akan mengupayakan jabatan ketua MPR menjadi jatah bagi kader partai beringin hitan tersebut. “Ini seizin Pak Muhaimin Iskandar apabila nanti dalam pemilihan ketua MPR yang dipilih dalam sistem paket, paket Koalisi Indonesia Kerja, wajar juga mengusung paket dengan ketua (MPR) dari Partai Golkar," ucap Airlangga.

Baca juga:

Airlangga Hartarto menyatakan, Golkar siap bersaing dalam memperebutkan posisi ketua MPR yang menjadi incaran Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News