Buka Rakernas Pramuka, Menpora Teringat Saat jadi Komandan Regu Siaga

Buka Rakernas Pramuka, Menpora Teringat Saat jadi Komandan Regu Siaga
Menpora Zainudin Amali membuka Rakernas Pramuka 2020. Foto: Satria/Kemenpora

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali didampingi Deputi Pengembangan Pemuda Kemenpora Asrorun Ni’am Sholeh membuka Rakernas Gerakan Pramuka 2020 di Gedung Sarbini, Taman Rekreasi Wiladatika, Cibubur, Jakarta, Rabu (19/2).

Kegiatan tersebut dibuka dengan ditandai pemukulan alat musik tradisional berupa gong.

"Terima kasih, ini adalah kesempatan yang baik buat saya, sehingga bisa secara langsung bertatap muka dengan pengurus gerakan pramuka tingkat nasional dan daerah. Ini merupakan suatu hal yang membanggakan," kata Menpora.

Pada kesempatan itu, Zainudin mengenang saat dirinya aktif dalam gerakan pramuka semasa sekolah. Kala itu, Menpora sempat menjadi pimpinan regu dalam kegiatan pramuka. Baginya, pengalaman tersebut sangat berharga dan membanggakan.

"Suatu hal yang membanggakan, keaktifan saya di pramuka sejak sekolah. Ketika saya datang ke tempat ini, dan menggunakan seragam pramuka, saya teringat saat saya menjadi komandan regu siaga. Teringat masa lalu adalah hal yang sangat membanggakan," kenang Menpora lalu disambut tepuk tangan dari peserta Rakernas.

Mengenai Rakernas, Menpora mengapresiasi kegiatan ini, dan ke depan bisa terus bersinergi serta dipertahankan. Kini, Menpora menyampaikan pihaknya tengah memfokuskan program pemuda di antaranya: pemberdayaan pemuda menjadi kreatif, inovatif, mandiri, berdaya saing, serta menumbuhkan semangat kewirausahaan.

"Kemudian, mendorong penguatan ideologi Pancasila dan karakter serta budaya bangsa di kalangan pemuda. Ini sejalan tentunya dengan gerakan pramuka. Saya yakini, pramuka adalah organisasi terstruktur dari tingkat nasional hingga daerah dan ranting," ujar Menpora.

Zainudin menginginkan, gerakan pramuka agar bisa terus mempertahankan karakter dan budaya bangsa Indonesia. Di mana, bangsa yang ramah, hingga sopan dan santun. "Ini bisa dilakukan bersama. Saya harap gerakan pramuka terus memberikan manfaat sebanyak-banyaknya. Tentu, pemerintah menyambut baik dan mengapresiasi kerja dari gerakan pramuka. Mari kita saling dukung dan bersinergi," jelas Menpora.

Sementara itu, Ketua Kwarnas Pramuka, Budi Waseso mengatakan, rakernas kali ini mengambil tema: Peningkatan peran gerakan pramuka dalam bela negara dan penanggulangan bencana. Dia berharap, gerakan pramuka menjadi yang terdepan untuk mengatasi masalah-masalah ujaran kebencian.

"Gerakan pramuka diharap selalu terdepan membela negara, mampu mengatasi penyebaran berita bohong, hingga soal penyalahgunaan narkoba, serta meningkatkan kepedulian sesama, bakti kepada masyarakat, dan ikut berperan menanggulangi bencana," kata Budi Waseso.

"Tentu saja harus siap bantu. Kemudian, berharap gerakan pramuka bisa membantu pendidikan yang mengarah karakter, sehat, jasmani, dan rohani. Untuk itu, gerakan pramuka harus diperkuat. Semoga kegiatan ini berjalan dengan baik dan lancar," tutupnya. (*/jpnn)

Menpora Zainudin Amali bangga bisa bertatap muka dengan pengurus Pramuka dari daerah hingga nasional.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News