Buka Rapimnas Kadin, JK Beber Dosa Besar Pengusaha

Buka Rapimnas Kadin, JK Beber Dosa Besar Pengusaha
Wakil Presiden Jusuf Kalla. Foto: Dokumen JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA - Masyarakat Indonesia selama ini dinilai selalu membuang waktu untuk menjadi negara maju. Padahal, sumber daya alam (SDA) Indonesia sangat berlimpah dan mampu digunakan untuk menyejahterakan masyarakat. Begitu dikatakan Wakil Presiden Jusuf Kalla saat membuka acara Rapimnas Kadin 2014 di Pullman Hotel, Jakarta, Senin (8/12).

JK mencontohkan, pada tahun 1960-an Indonesia telah membuang waktu untuk menjadi negara maju, dengan potensi sumber daya alam berupa kayu.

"Kita berkali-kali punya kesempatan maju. Pada tahun 1960-70an era kayu. Banyak semua pengusaha kayu itu punya potensinya besar, tapi tidak dimanfaatkan dengan baik," beber JK.

Dia bahkan menyebut para pengusaha banyak meninggalkan dosa untuk anak cucu, lantaran efeknya terasa saat ini. "Tapi jutaan pohon kita tebang tanpa ada manfaat, yang kita dapatkan hanya banjir dan banjir sekarang ini. Kita (pengusaha) tinggalkan dosa yang besar," serunya.

Dia melanjutkan, kesempatan kedua yang disia-siakan bangsa Indonesia yakni ketika saat ini banyak pengusaha Indonesia menggeluti usaha di sektor minerba dan migas, yang nyatanya justru hanya bisa merusak lingkungan.

"Banyak juga yang jadi pengusaha tambang, kayanya dulu ini yang paling hebat. Tapi apa sekarang apa? Lingkungan kita habis seperti sekarang ini," sesal dia.

Karenanya, ia meminta pada para pengusaha agar memakai perhitungan proses yang benar dalam menjalankan usahanya. Supaya, potensi SDA yang ada di Indonesia tidak terbuang sia-sia. JK juga meminta semua pihak ikut berpartisipasi mengawasi gerak gerik para pengusaha agar tidak hanya merusak lingkungan.

"Maka dari itu, kita harus pakai proses, jangan ambil SDA-nya saja tapi enggak mau menghijaukan lagi. Sama kaya ikan, jangan ambil ikan terus, tapi kita impor juga, habis semua nanti. Kita semua harus, supaya Indonesia tidak akan mundur lagi untuk pembangunan nasional," harap pria berkacamata ini.(chi/jpnn)


JAKARTA - Masyarakat Indonesia selama ini dinilai selalu membuang waktu untuk menjadi negara maju. Padahal, sumber daya alam (SDA) Indonesia sangat


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News