Buktikan Komitmen Melestarikan Arsip, Taspen Terima Penghargaan dari ANRI

Buktikan Komitmen Melestarikan Arsip, Taspen Terima Penghargaan dari ANRI
Taspen meraih Piagam Penghargaan Atas Peran Sertanya dalam Penyelamatan dan Pelestarian Arsip yang Bernilai Guna Pertanggungjawaban Nasional bagi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara dari lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Foto: dok Taspen

jpnn.com, JAKARTA - PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) (Persero) berkomitmen untuk senantiasa menjalankan amanah Undang Undang Nomor 43 Tahun 2009 tentang Kearsipan melalui penyerahan arsip statis sejak 2014.

Sejak pendirian perusahaan pada tahun 1963, Taspen senantiasa mendokumentasikan dan mengarsipkan seluruh kegiatan usahanya, terutama pada kegiatan bernilai sejarah tinggi.

Atas upaya tersebut, Taspen meraih Piagam Penghargaan Atas Peran Sertanya dalam Penyelamatan dan Pelestarian Arsip yang Bernilai Guna Pertanggungjawaban Nasional bagi Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa dan Bernegara dari lembaga Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI).

Penghargaan diserahkan Kepala ANRI Imam Gunarto kepada Pgs. Corporate Secretary PT Taspen (Persero) Mardiyani Pasaribu yang sekaligus menyerahkan beberapa arsip statis Taspen kepada ANRI dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan dalam kegiatan Rapat Koordinasi Penyerahan Arsip Statis Nasional di Jakarta.

Mardiyani Pasaribu mengatakan sebagai perusahaan yang mengelola manfaat dan jaminan sosial bagi para ASN dan Pensiunan, Taspen memastikan seluruh kegiatan penyerahan manfaat kepada peserta dilaksanakan secara amanah dan terdokumentasikan dengan baik melalui pengarsipan yang aman dan terorganisir.

"Tentunya beberapa tokoh negara pun telah kami simpan arsipnya dengan baik. Penghargaan ini merupakan sebuah kebanggaan bagi Taspen dan seluruh pihak terkait dalam upaya kami membuat sistem pengarsipan yang baik. Penghargaan ini diharapkan dapat menjadi pemicu seluruh Insan Taspen untuk lebih peduli terhadap arsip yang bernilai guna sejarah,” kata dia.

Adapun beberapa arsip statis yang diserahkan kepada ANRI merupakan 26 buah kaset video Betamax dengan beragam informasi, antara lain kegiatan penyelenggaraan pembayaran pensiun pertama Taspen berstatus pensiunan ASN seluruh Sumatera tanggal 23 Januari 1988 di Kantor Cabang Utama PT Taspen (Persero) Medan.

Kemudian, ada kegiatan penyerahan Tabungan Hari Tua (THT) dan pensiun kepada Presiden Ke-2 Republik Indonesia Soeharto beserta Menteri Kabinet Pembangunan IV dan kegiatan Peletakan Batu Pertama Kantor Cabang PT Taspen (Persero) Denpasar tanggal 21 November 1987.

PT Dana Tabungan dan Asuransi Pegawai Negeri (Taspen) (Persero) berkomitmen untuk senantiasa menjalankan amanah UU Kearsipan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News