Buku 20 Kisah Inspiratif Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Mendobrak Mitos

Buku 20 Kisah Inspiratif Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, Mendobrak Mitos
Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, Kemendikbudristek Uuf Brajawidagda bersama Mendikbudristek Nadiem Makarim. Foto dok. Ditjen Vokasi Kemendikbudristek 

jpnn.com, JAKARTA - Pendidikan vokasi dalam beberapa tahun terakhir kian diminati masyarakat.

Dahulu, melanjutkan studi ke SMK maupun Politeknik mungkin bukan menjadi pilihan utama.

Namun, saat ini pendidikan vokasi justru menawarkan lulusan-lulusan yang siap kerja dan relevan dengan kebutuhan dunia usaha dan dunia industri (DUDI). 

Peningkatan kepercayaan (trust) publik terhadap pendidikan vokasi tidak terlepas dari kemitraan yang terjalin antara satuan pendidikan vokasi dengan DUDI.

Praktik baik kemitraan ini yang kemudian dituangkan dalam sebuah buku berjudul “Mendobrak Mitos: 20 Kisah Inspiratif Pendidikan Vokasi” yang belum lama ini diterbitkan oleh Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan DUDI Kemendikbudristek berkolaborasi dengan Tempo Institute.

Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan bahwa adanya buku yang berisi kisah inspiratif dari insan-insan vokasi memberikan optimisme akan masa depan kemajuan Indonesia.

Pendidikan vokasi sebagai solusi menghadapi berbagai tantangan bangsa, memberikan bekal pengetahuan beserta keterampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja.

“Saya mengapresiasi hadirnya buku ini karena negara kita defisit inspirasi. Orang-orang yang selama ini memiliki persepsi yang negatif tentang sekolah di SMK atau Politeknik bisa mengerti bahwa perubahan masih sedang terjadi di Indonesia,” tutur Menteri Nadiem di sela peluncuran buku di Perpustakaan Nasional RI pada Senin (26/6).

Buku 20 Kisah Inspiratif Pendidikan Vokasi Kemendikbudristek, mendobrak mitos. Simak selengkapnya.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News