Buku Jho Low dari Houston

Oleh Dahlan Iskan

Buku Jho Low dari Houston
Dahlan Iskan dengan buku Million Dollar Whale di sebuah toko buku di Houston, Texas. Foto: disway.id

jpnn.com - Saya cemburu. Pada buku ini. Begitu bagusnya. Belum lagi membaca setengahnya tidak tahan untuk tidak menulis komentar tentangnya.

Target saya: begitu mendarat di Jakarta selesailah halaman terakhirnya. Ternyata tidak bisa. Padahal Los Angeles-Shanghai-Jakarta begitu jauhnya.

Saya harus membacanya pelan-pelan. Menikmati kata-demi-kata. Kewartawanan saya ternyata bukan apa-apa. Tidak sampai sekuku hitamnya.

Inilah kerja jurnalistik yang all out. Mengejar sumber berita. Menggali data. Mencari sisi-sisi yang diabaikan berita. Menemukan kejadian-kejadian langka. Dan menuliskannya dengan cara sastra.

Itulah buku berjudul Billion Dollar Whale. Dengan sub judul: Laki-laki yang telah mengecoh Wall Street, Hollywood dan Alam Semesta.

Penulisnya: dua wartawan. Dari harian Wall Street Journal New York. Yang bertugas di Asia: Tom Wright dan Bradley Hope.

Temanya: tentang Jho Low. Anak muda Malaysia. Yang berhasil jadi cukong Najib Razak. Perdana menteri Malaysia. Dengan fantastisnya.

Saya sedang di Memphis.  Di negara bagian Tennessee. Saat mendengar buku itu akan terbit.

Jho Low oada umur 22 tahun sudah mengatur pertemuan tingkat pangeran di Emirat Arab. Sudah bisa menyimpulkan: bisa memanfaatkan sistem ekonomi Islam.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News