Buku Terkecil Di Dunia, Sebesar Lubang Jarum

Buku Terkecil Di Dunia, Sebesar Lubang Jarum
Buku terkecil di dunia. Foto: Telegrap
TOKYO – Sebuah buku seukuran lubang jarum telah dicetak dan diterbitkan di Jepang. Buku mikro itu terdiri 22 halaman. Setiap halamannya bergambar bunga yang hanya bisa dilihat dengan mikroskop.

Situs berita The Japan Daily Press (JDP), Kamis (14/3) menulis bahwa begitu kecilnya buku tersebut, hanya makhluk hidup, seperti serangga dan semut, yang mungkin dapat membacanya tanpa bantuan alat atau instrumen apapun. Sebab, setiap halaman buku itu hanya berukuran 0,75 milimeter. Jadi, mustahil bisa dibaca dengan mata telanjang.

Menurut Toppan Printing, perusahaan penerbitnya yang berpusat di Tokyo, huruf-huruf yang dicetak di buku itu hanya selebar 0,01 milimeter. Perusahaan tersebut menggunakan teknologi sama dengan yang dipakai perusahaan percetakan uang demi mencegah pemalsuan.

Buku itu diberi judul Shiki no Kusabana (bunga-bunga musim). Di dalamnya, terdapat nama-nama dan ilustrasi monokrom bunga-bunga Jepang, seperti sakura (cherry) dan ume (plum).

TOKYO – Sebuah buku seukuran lubang jarum telah dicetak dan diterbitkan di Jepang. Buku mikro itu terdiri 22 halaman. Setiap halamannya bergambar

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News