Bulan Depan PLN Tender KP Batubara

Bulan Depan PLN Tender KP Batubara
Bulan Depan PLN Tender KP Batubara
JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana membuka tender kerjasama dengan pemilik Kuasa Pertambangan (KP) batu bara bulan depan. Dengan begitu, diharapkan kerjasama PLN dengan pemenang tender dapat dimulai Oktober atau November tahun ini.

"Paling lambat akhir bulan depan. Saat ini PLN sedang menyusun syarat tender," ujar Direktur Utama PLN, Dahlan Iskan di sela Rapat dengar Pendapat dengan Komisi Energi DPR kemarin. Diharapkan awal tahun depan PLN sudah bisa mendapat pasokan batu bara dari proyek ini.

Pemenang tender adalah pemilik KP yang menawarkan royalti terbaik. Hingga kini banyak pemilik KP yang telah menyatakan minatnya pada proyek ini. Proyek ini akan dilaksanakan oleh anak perusahaan PLN, yaitu PLN batu bara yang diharapkan dapat memenuhi kebutuhan batu bara PLN sebesar 20 persen.

Proyek ini bertujuan mengurangi ketergantungan PLN terhadap pemasok batu bara yang mencapai 100 persen. PLN mulai mengubah cara pembelian batu bara tender proyek ini. Dahlan menjelaskan, selain keuntungan berupa ketersediaan batu bara, proyek ini juga menguntungkan bagi pemilik KP yang tidak mampu mengolah tambangnya. "Pemegang KP yang tidak mampu berproduksi dapat menyerahkan pada PLN, dan (pemilik KP) tinggal menerima royalti saja," tukasnya.

JAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) berencana membuka tender kerjasama dengan pemilik Kuasa Pertambangan (KP) batu bara bulan depan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News